Posted in 1 March 2019, by Mic, kategori Berita, Teknik Elektro

WhatsApp Image 2019-03-01 at 15.14.28Innalillahi wa inna ilaihi rooji’un..

Telah berpulang, Prof. Ir. Budiono Mismail, MSEE., Ph.D, Dekan Fakultas Teknik (FT) UB Periode 1995-1998, pada hari ini, Jumat, 1 Maret 2019. Jenazah disemayamkan di rumah duka, Jalan Simpang Flamboyan 27 dan akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Samaan malam ini, pada pukul 19.00 WIB atau selepas sholat Isya’.

Semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai sosok yang sangat semangat dalam menuntut ilmu. Keahlian dan kiprah keilmuan mantan dosen jurusan Teknik Elektro ini sudah tidak diragukan lagi baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Program utama yang dijalankannya ketika bertugas sebagai dekan adalah meningkatkan sumber daya manusia Fakultas Teknik. Hal ini dilakukannya dengan menggalakkan studi lanjut, terutama untuk para dosen dan selalu memacu FTUB untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah.

Buah dari usahanya ini, pada periode 1995-1998 FTUB mulai unjuk gigi dan banyak memperoleh penghargaan di bidang ilmiah tingkat nasional. Selama menjadi Dekan pula, beliau banyak menghadapi mahasiswa yang kreatif, termasuk dalam melakukan demo. Namun semuanya ini masih dapat dikendalikan menuju hal yang positif.

Bapak dari tiga orang anak ini sebenarnya pernah terdaftar sebagai mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya pada tahun 1965, namun tidak pernah menyelesaikan. Perjalanan waktu telah membawanya kembali bergabung dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, kali ini sebagai dosen pada tahun 1973. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, beliau memimpin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya pada periode 1995-1998.

Semangat beliau yang tidak pernah berhenti menuntut ilmu di dalam negeri dan di mancanegara merupakan contoh yang patut diteladani. Sarjana Teknik Elektro lulusan ITB tahun 1973 ini melanjutkan studi S2 di University of Colorado, USA dan meraih gelar Ph.D dari University of New South Wales, Australia dalam bidang Electrical Power. Pada tahun 1997 beliau diangkat menjadi Guru Besar bidang Rangkaian Listrik.

Setelah usai tugas sebagai Dekan, Profesor kelahiran 19 April 1947 ini bergabung sebagai tim Pakar Bidang Elektronika di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sampai akhir Desember 1999. Setelah itu, beliau dipercaya untuk mengemban tugas Negara sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedubes RI di Bangkok Thailand, sampai dengan tahun 2004.

Menurut Pak Bud, begitu beliau biasa dipanggil, kejayaan Fakultas Teknik akan tercapai jika alumninya menjadi orang-orang yang profesional dan mampu memberi andil yang besar kepada bangsa dan negaranya. Alumni harus mampu menciptakan lapangan kerja dan tidak hanya sebagai educated people namun juga educating people.

Selamat jalan Pak Bud, jasa dan ilmu yang kau berikan tidak akan sirna dimakan waktu. Keluarga besar Fakultas Teknik Universitas Brawijaya menyatakan turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga almarhum diterima segala amal ibadahnya, dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

632 total views, 2 views today