Posted in 9 January 2019, by Mic, kategori Berita, Internal

wwcr1Setelah meluluskan angkatan pertama, Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PS PPI), Fakultas Teknik UB (FT-UB) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019. Berbeda dari angkatan pertama yang menyasar internal, lebih dari 50% berasal dari pendaftar eksternal.

Bersama Ir. Sugeng P. Budio, MS (Teknik Sipil) dan Ir. Soeprapto, M.T (Teknik Elektro), Ketua Program Studi PPI, Ir. Ludfi Djakfar, Ph.D. mewawancarai langsung calon mahasiswa baru PS PPI Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 pada hari Senin, 7 Januari 2019. Selain Dosen Teknik Sipil dan Teknik Elektro, peserta wawancara juga ada dari Perum Jasa Tirta, PT PP, Balai Besar PU, dan lembaga konsultan swasta.

“Motivasi peserta mengikuti kelas ini bermacam-macam, tetapi yang jelas mereka ingin mengembangkan keprofesian insinyur masing-masing,” ungkap Sekretaris PS PPI, Ir. Rinawati P. Handajani, MT.

Ia juga menjelaskan, proses wawancara ini juga sekaligus untuk menilik layak tidaknya mahasiswa ini mengikuti Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang masih diberlakukan untuk minimal dua angkatan pertama PS PPI.

“Belajar dari angkatan pertama, pada proses wawancara kami kenalkan sedikit mengenai FAIR. Ketika sudah mulai masa orientasi, nanti juga akan kami adakan sosialisasi mengenai FAIR kepada mahasiswa baru, agar bisa dipersiapkan dengan matang,” tambahnya.

wwcr3Program Profesi Insinyur sendiri merupakan program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Program ini tertuang dalam salah satu poin dalam UU No 11 Tahun 2014 tentang Undang-undang Keinsinyuran pasal 7 s/d 9 tentang Pendidikan Profesi Insinyur.

Sistem perkuliahan PS PPI terbagi ke dalam 2 program, yaitu Program Pendidikan Reguler dan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Program reguler dilaksanakan selama 2 semester (1 tahun) dengan 30% tatap muka dan 70% magang. Setelah melalui proses tersebut peserta harus mengikuti Uji Kompetensi Insinyur yang dilaksanakan di Universitas Indonesia mulai Semester Ganjil 2018/2019.

wwcr 2Sedangkan untuk dua angkatan pertama PSPPI FT-UB, sebagaimana juga dijadikan standar pelaksanaan di perguruan tinggi lain, akan dilaksanakan Program RPL. Program ini dilaksanakan berdasarkan pada track record masa lalu.

Mahasiswa baru akan diminta mengumoulkan berkas yang berisi pendidikan yang telah diselesaikan dan pengalaman profesionalnya. Berkas tersebut akan melalui proses penilaian FAIR yang meliputi pendidikan formal & non formal, pengalaman kerja praktek keinsinyuran, paparan dan karya tulis keinsinyuran, dan kegiatan penunjang lain (sebagai pakar, pengurus organisasi, penerima tanda jasa,dll). Di akhir semester mahasiswa akan menjalani asesmen FAIR untuk mengonversikan capaian pembelajaran masa lampau itu menjadi angka sesuai dengan mata kuliah yang harus diikuti untuk mendapatkan IPK yang digunakan untuk menentukan kelulusan. (mic)

*Hasil Test wawancara bisa dilihat di sini.

149 total views, 1 views today