Posted in 10 August 2017, by Mic, kategori Berita

sanusiKebutuhan energi meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Fakta tersebut secara tak langsung meningkatkan pula tingkat polusi dan pemanasan global. Energi angin sebagai salah satu sumber dari energi alternatif yang ramah lingkungan dapat dimanfaatkan dengan penggunaan turbin angin.

Ir Arifin Sanusi MT, Program Doktor Teknik Mesin, Fakutas Teknik Universitas Brawijaya, melalui disertasinya mengangkat judul Simulasi dan Eksperimental Kinerja Turbin Angin Tipe Savonius dengan Kombinasi Blade Konvensional dan Elips. Ia mengambil Turbin Savonius sebagai objek karena sebagai salah satu turbin angin poros vertikal, Savonius memiliki konstruksi sederhana, biaya murah, kecepatan operasi yang relatif rendah, dan kemampuan menerima angin dari semua arah. Namun demikian turbin angin Savonius memiliki efisiensi yang lebih rendah dari pada jenis turbin angin lainnya.

“Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja turbin angin savonius dengan melakukan kombinasi blade konvensional dan elips yang telah dikembangkan para peneliti terdahulu,” ujar ayah tiga anak ini saat mempertahankan disertasinya.

Dengan memanfaatkan kelebihan dan kekurangan jenis blade tersebut, sebuah modifikasi turbin angin Savonius dengan menggabungkan konvensional blade sebagai sisi cembung dan blade elips sebagai sisi cekung menjadi blade kombinasi (combined blade). Penelitian ini dilakukan dengan simulasi dan eksperimental, dimana simulasi menggunakan computational fluid Dinamics (CFD) dengan bantuan program ANSYS Fluent 14.5,  sementara eksperimental dilaksanakan menggunakan wind tunnel sistem terbuka. Sedangkan objek penelitian adalah prototipe blade rotor turbin angin tipe Savonius dengan model blade konvensional, elips, dan kombinasi.

“Dari analisis secara computational fluid dynamics (CFD) di simpulkan bahwa pola aliran pada blade kombinasi menunjukkan kinerja yang terbaik disusul blade elips dan konvensional,” simpul dosen di Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana Kupang ini mengakhiri sesi presentasinya.

Komisi Pembimbing disertasi ini terdiri dari Prof Ir. Sudjito Soeparman. PhD,  Dr Slamet Wahyudi, ST., MT, Dr. Eng Lilis Yuliati, S.T. MT. Sementara bertindak selaku penguji adalah Prof Ir ING Wardana MEng PhD, DrEng Nurcholis Hamidi ST MEng, and Prof DRTechn Suyitno ST MT. Setelah berhasil mempertahankan disertasinya, Arifin Sanusi dinyatakan lulus dan kepadanya diberikan gelar Doktor Bidang Teknik Mesin dengan predikat sangat memuaskan. (mic)

156 total views, 1 views today