Posted in 4 December 2018, by Mic, kategori Berita, Teknik Elektro


JRoid (1)
Jaket penyeimbang suhu tubuh untuk Hipotermia dan Hipertermia yang bernama J-Roid (Android Jacket for Hypothermia and Hyperthermia) kembali menorehkan juara di tingkat nasional. Kali ini di Institut Teknologi Bandung dalam acara Student Innovation Competition yang diadakan oleh IEEE Foundation dengan tema Health And Technologies for A Resilient Community Against Disasters.

“Awalnya kami iseng ingin mencoba lomba di kampus ternama itu, akhirnya kami memikirkan ide yang ada dan membuat abstrak hingga akhirnya abstrak kami terpilih dari ratusan mahasiswa lain. Tak lama setelah itu kami mendapat email undangan untuk datang ke ITB, bebas biaya dan akomodasi penuh,” kenang Firmansyah Putra Satria, salah satu anggota tim.

Dari ratusan abstrak yang masuk diambil 6 terbaik diundang ke kampus ITB untuk mempresentasikan inovasinya pada tanggal 22 November 2018 di Gedung CRCS, ITB. Selain dihadiri para mahasiswa yang berlomba untuk menonjolkan inovasi nya acara ini juga dihadiri oleh puluhan Dokter hingga Guru Besar ITB dari berbagai bidang yang menjadi pembicara serta juri pada acara Simposium Nasional itu.

JRoid (3)Seminar diawali dengan pembicara di bidang kesehatan dan ketahanan terhadap bencana, lalu dilanjutkan dengan presentasi keenam finalis, dan ditutup dengan pemberian award. Bersama Ahmad Fathan Halim, Tim J-Roid berhasil mendapat juara 2 dengan inovasinya yang berjudul “Wireless Frequency Location Tracker”.

“Alhamdulillah tidak hanya berhasil juara, di akhir acara kami didatangi dua tamu yang berlatarbelakang dokter dan satu inventor. Mereka tertarik dengan inovasi kami dan menawarkan kerjasama agar nantinya J-Roid dapat dikembangkan bahkan sampai dipasarkan dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” tukas Firman bangga.

J-ROID sendiri adalah singkatan dari Android Jacket for Hypothermia & Hyperthermia, jaket untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Sebelumnya karya ini berhasil memperoleh medali emas pada The 10th International Exhibition of Inventions (IEI) & The 3rd World Invention and Innovation Forum (WIIF) 2018 di kota Foshan, China. Selain itu karya ini juga memperoleh penghargaan tambahan dari Thailand sebagai inovasi terbaik. (mic)

183 total views, 1 views today