Posted in 13 April 2018, by Yeremia Dimpudus, kategori Berita, Teknik Pengairan

Picture4Kompetisi Bangunan Air Indonesia (KBAI) merupakan rangkaian acara ke 4 dalam Pekan DAS Brantas XI Himpunan Mahasiswa Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, yang mana rangkaian acara sebelumnya adalah Festival Brantas yang dilaksanakan pada  tanggal 4 Maret 2018, KANCIL (Kreativitas Anak Cinta Lingkungan) dan yang telah terlaksana pada tanggal 18 Maret 2018 serta World Water Campaign (WWC) yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2018 bertepatan dengan Hari Air Dunia dan pada tanggal 25 Maret 2018.

KBAI 2018 ini merupakan kali kedua terselenggaranya dengan mengusung tema “Inovasi Perbaikan dan Pemeliharaan Wilayah Sungai Secara Konservatif Sebagai Upaya Pengamanan Terhadap Banjir Berbasis Ekowisata”. KBAI 2018 diselenggarakan di Universitas Brawijaya yang bertempat di Gedung A Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Kegiatan KBAI ini berlangsung pada tanggal 9-11 April 2018 dengan diikuti oleh 10 finalis dari 7 universitas di Indonesia, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Teknologi Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Nasional Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Universitas Diponegoro.

Kegiatan KBAI hari pertama pada tanggal 9 April 2018 adalah Pembukaan dan Technical Meeting serta Unboxing Maket Finalis. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Tirta Utama Gedung A Teknik Pengairan. Kegiatan diawali dengan Coffee Break Finalis dengan panitia. Selanjutnya pembukaan KBAI 2018 ini berlangsung sangat meriah dengan sambutan oleh Bapak Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Bapak Dr.Eng. Denny Widhiyanuriyawan,ST., MT.

Picture3

Kegiatan KBAI hari kedua pada tanggal 10 April 2018 adalah Presentasi Finalis dihadapan dewan juri serta Pameran Maket dan Poster dan pemaparan konsep yang telah dirancangoleh setiap finalis. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Tirta Utama dan Tirta Amartha Teknik Pengairan FT-UB. Adapun dewan juri pada tahap presentasi dan penilaian maket serta poster antara lain:

  1. Dr. Ir. John Paulus Pantouw (Wakil Ketua III Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi)
  2. Ir. Iwan Nursyirwan, Dipl. HE. (Mantan Dirjen Sumber Daya Air 2007-2010 Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI)
  3. Dr. Sumiadi, ST., MT. (Dosen Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
  4. Rois Arif Budiman, ST. (Kasie Perencanaan, Pelaksanaan, Pengendalian SDA DPUPR Kabupaten Mojokerto)
  5. Nindya Sari, ST., MT. (Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
  6. Wasiska Iyati, ST., MT. (Dosen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)

Selanjutnya, untuk kegiatan KBAI hari terakhir, 11 April 2018 adalah kegiatan Wisata yang bertempat di Eco Green Park Batu serta Oleh-oleh khas Kota Malang dan kegiatan Gala Dinner sebagai Malam Puncak KBAI 2018 yang bertempat di Aula Skodam V Brawijaya. Pada kegiatan malam puncak Kompetisi Bangunan Air Indonesia 2018, turut mengundang Unitantri Universitas Brawijaya yang berkolaborasi dengan Triaksara Teknik Pengairan dengan membawakan tarian reog. Malam puncak ditutup dengan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para finalis yaitu Pengumuman Pemenang KBAI 2018 diantaranya:

-          Juara 1 : Tim Circle Katara – Universitas Diponegoro (8.000.000 + Trofi + Sertifikat)

-          Juara 2 : Tim Amreta Yokara – Institut Teknologi Bandung (6.000.000 + Trofi + Sertifikat)

-          Juara 3 : AOI Team – Universitas Teknologi Yogyakarta(4.000.000 + Trofi + Sertifikat)

-          Maket Terbaik : Banyujingga – Institut Teknologi Nasional Bandung (2.000.000 + Trofi + Sertifikat)

-          Poster Terbaik : Banyujingga – Institut Teknologi Nasional Bandung (1.000.000 + Trofi + Sertifikat)

Picture1

Turut mendukung dengan hadir di Gala dinner KBAI 2018; Guru Besar Teknik Pengairan Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih Limantara, M.Sc (kiri), Ketua Program Studi S1 Teknik Pengairan FT-UB Dr. Very Dermawan, ST., MT., Ketua Jurusan Teknik Pengairan Dr. Ir. Ussy Andawayanti, MS., Sekretaris Jurusan Teknik Pengairan Dr. Ery Suhartanto, ST., MT., Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa FT-UB Saudara Laily, Ketua Himpunan Mahasiswa Pengairan FT-UB Saudara M. Iqbal, dan Ketua Umum Pekan DAS Brantas XI Saudara Rusdan Abdillah. (Fikry Asri Islami Kontributor dari Jurusan Teknik Pengairan)

141 total views, 1 views today