“Dan hendaklah ada diantara kalian segolongan ummat yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar, mereka itulah orng-orang yang beruntung” (QS.Ali Imron :104 )

Sejarah Al Hadiid

Keluarga Besar Muslim (KBM) Al Hadiid adalah lembaga dakwah Fakultas Teknik yang berdiri pada tahun 1994 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. KBM Al Hadiid merupakan lembaga keislaman yang menjadi wadah aktivitas dakwah islam di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

lembaga ini sebelumnya hanya berupa lembaga takmir mushola yang bertugas hanya untuk memakmurkan mushola Al Hadiid, tetapi pada perkembangannya karena dakwah semakin luas maka KBM al hadiid berubah menjadi sebuah lembaga dakwah tingkatan fakultas yang melingkupi seluruh kehidupan masyarakat teknik.

Mulai berdiri hingga sekarang sudah banyak perkembangan yang sangat besar dari segi kualitas dan kuantitas baik kader maupun secara infrastruktur dan fasilitas organisasi. Status Kedudukan KBM Al Hadiid adalah lembaga dakwah yang merupakan Lembaga Semi Otonom di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang.

Tujuan dan Landasan

Keluarga Besar Muslim (KBM) Al Hadiid bertujuan untuk mewujudkan masyarakat kampus dan sekitarnya yang memegang teguh dan mengamalkan kalimat tauhid berlandaskan AL Quran dan Sunnah Rasulullah SAW serta melakukan amal ma’ruf nahi mungkar yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Visi
Kuatnya eksistensi dakwah KBM AL-HADIID FT UB tingkat lokal, regional, nasional.

Misi

  1. Memperkuat ukhuwah Internal KBM AL-HADIID FT UB
  2. Meningkatkan profesionalisme kerja lembaga
  3. Meningkatkan fungsi pembinaan, pelayanan dan syiar
  4. Memperkuat dan mengembangkan jaringan

Fungsi
KBM AL-HADIID FT UB berfungsi sebagai:

  1. Fungsi yang dijalankan oleh KBM AL-HADIID FT UB dalam dakwahnya sesuai dengan fungsi kampus sebagai institusi pendidikan
  2. Wahana untuk beraktivitas di lembaga dakwah dan sarana untuk meningkatkan pemahaman keislaman mahasiswa dan civitas akademika FT UB
  3. Wahana pembentukan kader-kader dakwah melalui berbagai aktivitas keislaman, antara lain :
  1. Peningkatan pemahaman Dienul Islam
  2. Peningkatan keimanan dan ketakwaan.
  3. Pengembangan amaliah yang dilandasi oleh kepahaman dan keikhlasan.
  4. Membangun Sumber Daya manusia Muslim Profesional

Tugas Pokok
KBM AL-HADIID FT UB mempunyai tugas pokok :

  1. Melakukan pembinaan menuju pribadi muslim yang bertakwa kepada Allah SWT
  2. Meningkatkan jalinan ukhuwah di antara mahasiswa muslim, dosen, karyawan dan lembaga mahasiswa yang ada di tingkat fakultas.

Mengakomodasi aspirasi dan kebutuhan mahasiswa muslim, dosen, karyawan dan lembaga mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik ke dalam program kerja.

Kunjungi website ALHADIID FT UB disini

2,185 total views, 1 views today