Posted in 14 January 2019, by Mic, kategori Berita

IMG_9634Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) ke-41, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) resmi dimulai. Bertempat di lapangan rektorat Universitas Brawijaya (UB), Rektor Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani secara resmi melepas 800an mahasiswa baru peserta KKM XLI pada hari Senin, 14 Januari 2019.

Tak hanya Rektor dan jajarannya, Dekan FT, para Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan di lingkungan UB, para Ketua Jurusan di lingkungan FT, Eksekutif Mahasiswa UB, Ketua BEM FT, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan, serta panitia dari Tenaga Kependidikan di lingkungan FT turut melepas peserta kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Sebelum Rektor melepas peserta, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FT-UB Dr.Eng. Denny Widhiyanuriyawan selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa peserta KKM terdiri dari 468 mahasiswa dan 303 mahasiswi. Mahasiswa baru ini akan didampingi oleh 250 mahasiswa senior dan panitia dari kalangna dosen serta karyawan yang berjumlah 30 orang.

Pengabdian yang sudah 41 tahun menjadi tradisi FT ini sendiri akan berlangsung di Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, selama 4 hari, 14-17 Januari 2019. Ia menerangkan bahwa mahasiswa baru, panitia, dan masyarakat akan bergotong royong melaksanakan pengabdian masyarakat (putri) dan kegiatan proyek (putra).

Pengabdian masyarakat bersifat kegiatan sosial yang diperuntukkan masyarakat sekitar yang meliputi ketrampilan, penyuluhan, dan kegiatan mengajar. Sedangkan maba dan panitia putra akan melaksanakan empat proyek; paving block, Penerangan Jalan Umum (PJU), drainase, dan railing jembatan.

IMG_9592“Selama satu semester mahasiswa baru sudah dikenalkan dengan tridarma perguruan tinggi melalui Krida, semoga bekal yang diberikan akan memperlancar segala aktivitas yang sudah direncanakan,” harap Dr. Denny.

Sementara itu Dekan FT, Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono menyampaikan, tujuan KKM adalah menanamkan sedini mungkin pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari tri darma perguruan tinggi, baik kepada mahasiswa baru, maupun dosen yang mendampinginya.

IMG_9608Ia juga menegaskan bahwa dosen maupun alumni FT tidak bisa hanya duduk diam dibelakang meja saja, tetapi harus bisa membaca, memetakan, dan menangkap segala permasalahan yang ada di masyarakat dan mencari solusi pemecahannya. Agar bisa sesuai dengan realita di masyarakat, maka harus turun langsung, melihat keadaan dan menyesuaikan dengan planning yang sudah direncanakan.

Ia juga berpesan kepada panitia agar di bawah koordinasi WD3 harus pastikan kegiatan berjalan kondusif, tanpa kekerasan, bergotong royong dengan baik, dan memberikan kemanfaatan di lokasi penagbdian.

Bagi pada peserta, diharapkan bisa menjaga diri dan kesehatan dengan baik, mandiri, bisa mengikuti segala instruksi dari panitia, sehingga target kerja di lapangan bisa tercapai tepat waktu dan memberikan kenangan indah selama kuliah.

“Jadikan KKM ini menjadi sebuah cerita perjalanan bermakna selama kuliah di fakultas teknik. Semoga tradisi ini nantinya tak hanya menjadi harmonisasi antar jurusan di FT tetapi juga antar fakultas di lingkungan UB,” harap pakar Sumber Daya Air ini.

Keinginan Dekan FT untuk bersinergi dengan fakultas se-UB untuk kegiatan pengabdian ini rupanya mendapat angin segar dari Rektor.  Prof. Nuhfil dalam sambutannya tak henti-hentinya mengapresiasi kegiatan pengabdian ini.

IMG_9627“Sejak dini FT sudah mempelopori mahasiswa mengabdi, nanti akan saya tularkan ke fakultas-fakultas lain. Minta tolong kepada Dekan FT, kebetulan Pak Pitojo ini ketua kelasnya Dekan se-UB, nanti waktu Forum Dekan, tolong saya diundang, khusus untuk membicarakan hal ini,” ujar mantan Dekan Pertanian ini antusias.

Ia ingin agar agenda KKM yang sudah mentradisi di FT selama 41 tahun ini juga menjadi agenda tahunan UB. “Paling tidak tahun depan kegiatan pengenalan mahasiswa selama satu semester bisa ditutup dengan kegiatan kemah mahasiswa, atau mahasiswa mengabdi. Saya yakin ini akan menjadi pengalaman yang sangat indah dan membanggakan, dan inshaaAllah akan menjadi ciri UB,” ujar Rektor.

Usai dilepas para pejabat universitas, fakultas, dan jurusan, peserta KKM diberangkatkan menjadi 2 kloter menuju lokasi kegiatan. Kegiatan KKM sendiri akan berlangsung mulai jam 04.00 – 22.00 setiap harinya, sehingga diharapkan peserta dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan serta etika dan nama baik alma mater selama mengabdi di masyarakat Ketindan, Lawang. (mic)

IMG_9552 IMG_9560

264 total views, 2 views today