Posted in 1 November 2018, by Mic, kategori Berita, Teknik Kimia, Visiting Professor

Bertempat di Auditorium Prof. Ir. Suryono, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, jurusan Teknik Kimia Universitas Brawijaya berkesempatan mengadakan kuliah tamu dengan tema Pengembangan Teknologi Pengolahan Minyak Bumi, Rabu, 10 Oktober 2018. Kuliah tamu dihadiri oleh jajaran dosen Teknik Kimia UB dan seluruh mahasiswa Teknik Kimia UB.

Hadir sebagai pemateri pada hari itu, Mulyono, ST, salah satu process engineer P. Pertamina RU II Dumai. Kuliah tamu ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa Teknik Kimia FT-UB dalam bidang Teknik Kimia, khususnya dalam bidang pengolahan minyak dan gas.

Kuliah tamu diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Ir. Bambang Poerwadi, MS, selaku Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Brawijaya. “Ikutin kuliah tamu ini dengan baik, biar kalian siap menghadapi dunia kerja kelak,” pesannya kepada seluruh peserta yang hadir.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk menerima kuliah tamu pada hari itu dengan baik untuk bekal menghadapi dunia kerja nanti.

Pada kesempatan itu, Mulyono, ST membuka kuliah tamu dengan mengenalkan profil singkat serta tahapan yang ia lalui hingga menjadi process engineer. “

Dengan melihat contoh langsung seperti ini, semoga mampu memberikan semangat dan dorongan kepada seluruh peserta yang hadir. Sebagai pengantar materi inti kuliah tamu pada pagi hari itu, pemateri menayangkan video profil perusahaan yang semakin membuat seluruh peserta semangat untuk menghadapi dunia pekerjaan nantinya.

Memasui acara iinti kuliah tamu, pemateri memberikan paparan mengenai proses pengolahan minyak yang ada di kilang PT Pertamina khususnya di RU II Dumai. Kuliah tamu berjalan dengan sangat baik karena pemateri mengajak seluruh peserta aktif dan interaktif. Beberapa peserta memberikan pertanyaan kepada pemateri begitu juga pemateri memberikan pertanyaan kepada peserta.

Pemateri juga aktif menyampaikan contoh-contoh kasus berbagai perusahaan yang sulit bersaing dikarenakan kurangnya penyesuaian terhadap perubahan mode zaman. Tidak lupa, Bapak Mulyono menekankan pentingnya generasi muda dalam menghadapi kasus tersebut. “Oleh karena itu generasi muda yang handal seperti kita semua ini sangat dibutuhkan untuk memberikan terobosan-terobosan baru guna menjawab banyak kasus yang sekarang sedang kita semua hadapi” ujar Mulyono.

Kuliah tamu pada hari itu diakhiri dengan diberikannya simpulan oleh Rama Oktavian, ST. Msc selaku dosen jurusan Teknik kimia Universitas Brawijaya. Tidak lupa juga pemberian penghargaan secara simbolis dari Jurusan kepada pemateri dan juga foto bersama seluruh peserta yang hadir dengan pemateri, Bapak Mulyono, ST.

415 total views, 3 views today