Posted in 17 October 2018, by Mic, kategori Berita, Teknik Elektro

IMG_2363Kerjasama UB dengan Universitas Tun hussein Onn Malaysia (UTHM) diperpanjang dari November 2017 hingga 2020 mendatang. Menindaklanjuti hal itu Fakulti Kejuruteraan Elektrik dan Elektronik (FKEE) yang diwakili oleh Dr. Rosli Bin Omar dan prof. Madya Dr. Jiwa bin Abdullah mengunjungi Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) pada 9 Oktober 2018 di Ruang Rapat Pimpinan lantai 3 Gedung FTUB.

Kedatangan perwakilan UTHM disambut langsung oleh Dekan FTUB, Dr Ir Pitojo Tri Juwono MT beserta ketiga Wakil Dekan, Ketua Jurusan Teknik Elektro Hadi Suyono, ST., MT., Ph.D., beserta jajaran, Ketua International Liaison Office FT-UB Dr. Rini Nur Hasanah, S.T., M.Sc., dan Kepala Tata Usaha, Endang susiloningsih SSos, MAB.

IMG_2353Pada sambutannya Dr Rosli mengungkapkan bahwa struktur organisasi di UTHM berbeda dengan UB. Jika FTUB memiliki jurusan untuk tiap disiplin ilmu (Sipil Mesin, Elektro, dll), di UTHM masing-masing merupakan merupakan fakultas. “Oleh karena itu kami dari FKEE secara spesifik ingin bertemu dan diskusi lebih dalam hanya dengan Teknik elektro,” ungkapnya.

Di lain pihak, FTUB juga sangat mengapresiasi kunjungan ini. Mewakili pimpinan Dr Pitojo mengaku jika FTUB selalu berusaha membangun dengan baik jaringan kerjasama dengan luar negeri utamanya karena berkenaan dengan visi internasionalisasi universitas maupun fakultas.

IMG_2347“Kami di era persaingan global yang demikian ketat menyadari bahwa networking dan kerjasama adalah salah satu peluang yang bisa mengalahkan tingkat-tingkat kompetisi tertentu,” sambut Dekan Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT.

IMG_2337Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama khususnya bidang akademik. “Kedepan mungkin kita bisa meningkatkan mobilisasi dosen maupun mahasiswa dari UB-UTHM melaui student exchange atau profesor pelawat/visiting professor,” harap Prof Jiwa yang kebetulan akan menjadi keynote speaker di acara EECCIS garapan TEUB keesokan harinya.

Hal itu diamini oleh Dr Pitojo yang juga mengungkapkan keinginannya bekerjasama dengan Fakultas Kejuruteraan lain di UTHM yang linier dengan bidang yang ada di jurusan FTUB.

“Semoga saat kami melawat ke UTHM bisa juga berkunjung dan membuka kerjasama dengan fakultas keteknikan yang lain,” ujar pakar Rekayasa Sumber Daya Air ini. (mic)

71 total views, 1 views today