Posted in 9 October 2018, by Mic, kategori Berita, PWK

S__10854515Laboratorium Environment, Infrastructure, and Information System (EIIS) Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2018. Pelaksanaan PKM dengan bantuan dana dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya ini diselenggarakan di Kelurahan Sumbersari dan Ketawanggede Kota Malang.

Pemilihan lokasi PKM di RW 1 Kelurahan Sumbersari dan RW 3 Ketawanggede ini bukannya tanpa alasan. Berdasar pada database Studio Permukiman 2018 hasil survei mahasiswa S1 PWK, timbunan sampah perdagangan dan jasa RW 1 Sumbersari dan RW 3 Ketawanggede ini melebihi RW yang lain, yaitu sebesar 641,4 kg/hari.

PKM Lab EIIS ini dipromotori oleh Kartika Eka Sari, ST., MT., dan Dadang Meru Utomo, ST., M.Urb&Regplan dan sesuai arahan Ketua Laboratorium EIIS Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo, MSP.

“PKM ini terinspirasi oleh Bu Dian Kusuma Wardhani, ST., MT. salah satu penggerak gerakan zero waste yang mengirimkan video kegiatan penduduk di salah satu wilayah Jakarta yang sudah melakukan gerakan menuju kawasan zero waste, ujar Kartika Eka Sari menjelaskan.

280128Kegiatan PKM dilaksanakan dengan sistem barter kantong plastik yang biasa dipakai toko atau warung untuk proses jual beli dengan tas kertas coklat atau cup kertas yang lebih ramah lingkungan. Tercatat dari 27 toko atau warung di RW 1 Sumbersari, ada 12 toko atau warung yg bersedia melakukan tukar wadah dengan tim PKM bekerja sama dengan mahasiswa S1 PWK angkatan 2017 yang langsung terjun ke lokasi.

336714Dua puluh toko di RW 3 Ketawanggede juga bersedia menukar kantong plastiknya sehingga didapat dalam jangka waktu satu bulan tim berhasil mereduksi 1.040 wadah plastik.

Reduksi sampah kantong plastik ini menjadi harapan untuk awal gerakan reduksi sampah Kota Malang khususnya di lingkungan RW 1 Sumbersari dan RW 3 Ketawanggede. Meskipun reduksi masih dalam skala kecil tapi di dalam pelaksanaan PKM ini tersimpan harapan besar tim Laboratorium  EIIS untuk mengurangi sampah plastik di bumi tercinta. (AA)

122 total views, 2 views today