Posted in 10 January 2018, by Mic, kategori Berita, FT Menulis

25659408_10215085902279682_4245905111035195391_nEvolusi pola interaksi dan komunikasi di dunia berkembang secara pesat saat ini. Media sosial sebagai wadah komunikasi dan informasi antar pengguna mulai terbentuk pada tahun 1978 dengan adanya penemuan sistem papan buletin yang diprakarsai oleh Ward Christensen dan Randy Suess dimana kita bisa mengirim surat elektronik dengan sistem tersebut. Perkembangan media sosial online semakin menunjukkan eksistensinya pada tahun 2002 dimana Friendster menjadi media sosial yang fenomenal di jamannya. Perkembangan tak berhenti sampai disitu, satu demi satu media bermunculan di dunia maya, seperti facebook, twitter, linkedIn dan beberapa media lainnya.

Tercatat hasil survei perusahaan riset We Are Social jumlah user internet di Indonesia pada tahun 2017 adalah 132,7 juta user dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 262 juta atau sekitar 51% jumlah penduduk telah mengakses dunia maya. We Are Social juga mencatat media sosial yang sering dikunjungi oleh user di Indonesia adalah youtube 49%, facebook pada urutan kedua 48%, instagram 39%, twitter 38%, dan whatsapp 38%. Dari survei tersebut tak heran jika media sosial sebenarnya bisa menjadi senjata yang tepat untuk marketing suatu brand termasuk branding perguruan tinggi.

Dave Kerpen (2011) menyebutkan media sosial adalah teks, gambar, video, dan kaitan secara daring yang dibagikan diantara orang-orang dan organisasi. Website merupakan salah satu media sosial official yang dimiliki Fakultas Teknik sebagai penghubung antara organisasi dan stakeholder. Pengelolaan website membuat penyampaian informasi semakin aksessebel karena bisa diakses melalui mobile phone sehingga kita bisa kapan saja dan dimana saja mengetahui informasi digital terupdate dari Fakultas Teknik.

Pemanfaatan media sosial pada perguruan tinggi sangat dibutuhkan sebagai media informasi, promosi bagi penerimaan mahasiswa baru, promosi penelitian dan inovasi serta sebagai wadah komunikasi antara stakeholder dan alumni dengan perguruan tinggi. Semua pemanfaatan media  itu bermuara pada meningkatnya branding perguruan tinggi, termasuk pada Fakultas Teknik. Pemanfaatan media sangat erat kaitannya pada reputasi yang sedang dibangun Fakultas Teknik ke depannya. Dimana sekarang setiap hari masyarakat sudah melek internet sehingga siapa pun bisa memperoleh informasi secara bebas dan luas tentang Fakultas Teknik melalui media online.

Content is a King and Design is a Queen” sangat erat kaitannya dalam dunia website. Konten pada website sangat mempengaruhi persepsi, brand image dan opini publik terhadap reputasi instansi. Branding Fakultas Teknik tercermin pada konten website berupa penyampaian profil, identitas, informasi, serta penyuguhan berita terupdate. Kecepatan penyampaian informasi publik layaknya menjadi syarat “fardlu” bagi peningkatan perceived quality (persepsi kualitas) suatu instansi. Perkembangan IT yang cepat dan dinamis harus dioptimalkan untuk membangun reputasi fakultas. Tata bahasa, berita, informasi, foto maupun video yang dapat dipercaya serta tak kalah pentingnya tampilan website yang cantik, bersih, rapi, sederhana dan user friendly tentu menjadi satu paket untuk optimalisasi janji layanan Fakultas teknik yakni “Mudah, Ramah, Amanah” serta mewujudkan Fakultas Teknik yang bermutu dan bereputasi.

Finalis 1/10 Lomba Penulisan Artikel 2017
Anggi Anggraeni
Recording PWK
Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

242 total views, 1 views today