Posted in 19 January 2018, by Mic, kategori Berita

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi membawa kita dalam fase era digitalisasi. Salah satu produk dari era digitalisasi adalah menjamurnya media sosial dalam aktivitas kehidupan kita sehari hari. Media sosial adalah, “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran¬†user-generated content ” (Kaplan, and Haenlein, 2010). Media sosial yang biasa masyarakat gunakan diantaranya : facebook, wordpredss, wikipedia, blog, twitter, youtube, dsb.

 Tantangan FT UB

Tantangan FT UB di usia yang ke-54 adalah mampu menaklukkan generasi milineal untuk mencapai visi unggul di Asia. Generasi milneal adalah generasi yang ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. Selama sepuluh tahun kedepan generasi ini yang akan menjadi target pasar utama FT UB. Target pasar utama berarti calon mahasiswa baru yang berada di dalam maupun di luar negeri, adalah generasi milineal yang selalu berinteraksi dengan dunia maya.

 Menggapai Visi FT UB 2020

APJII3Dalam rangka mewujudkan visi FT UB 2020 yang unggul di Asia maka perlu mengoptimalkan peran media sosial dalam setiap aktivitas dan kegiatan FT UB. Berikut langkah nyata yang dapat dilaksanakan oleh semua unsur keluarga besar FT UB diantaranya :

Sarana Kegiatan Belajar Mengajar

APJII

Hasil Survey 2016 Terkait Perilaku Pengguna Internet di Indonesia (Sumber: APJII)

Media sosial dapat digunakan untuk membatu proses menyampaikan materi dan mengakses materi perkuliahan. Penyampaian materi tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu, seringkali pertemuan klasikal yang dilakukan belum mampu menuntaskan materi serta memberikan pemahaman yang utuh dalam penyerapan informasi dan ilmu pengetahuan, sehingga pemanfaatan aplikasi serta perangkat media sosial dalam proses belajar bukan sekedar menciptakan konsep baru tetapi juga memunculkan daya kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan konsep yang didapat.

Sarana Komunikasi
Kemajuan teknologi berdampak pada kemudahan komunikasi, penyebaran informasi serta interaksi sosial yang lebih efektif. Adanya media sosial akan menjalin komunikasi bersifat dua arah sehingga ada timbal balik antar civitas akademika yang ada di FT UB. Selain itu media sosial akan memudahkan masyarakat umum/orang tua mahasiswa, alumni, end user (pengguna alumni)/institusi/perusahaan membangun berinteraksi dengan FT UB lebih efektif dan harmonis.

Branding Positif
Media sosial yang hadir ditengah masyarakat mampu mengubah pola komunikasi yang lebih interaktif, jangkauan yang lebih luas oleh karena itu media sosial harus dimanfaatkan untuk membangun citra positif. Media sosial dapat digunakan untuk lebih mengenalkan dan membumikan FT UB. Membangun brand FT UB yang positif sangat diperlukan untuk menembus pasar Asia.

Menyebarkan Kegiatan, Ide dan Hasil Riset
Fakultas Teknik mampu mengajak masyarakat Indonesia dan masyarakat asing mengembangkan keilmuan dan teknologi melalui program kerja, kegiatan, pemaparan hasil riset yang positif dan bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Referensi :

http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/

Kaplan, Haenlein(2010), “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media“.

Finalis Lomba Penulisan Artikel 2017

Endra Yuafanedi Arifianto, ST.,MT.
Dosen Teknik Industri FT-UB

159 total views, 1 views today