Posted in 4 January 2019, by Mic, kategori Berita, FT Menulis, Teknik Industri

MahendraPembuatan Pabrik Mini FT-UB dalam Upaya Kolaborasi dan Kerja Nyata Semua Jurusan dalam Fakultas Teknik Universitas Brawijaya sebagai Bentuk Prestasi dan Sumbangsih dalam Pembangunan Industri di Indonesia

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya cukup terkenal dengan beberapa prestasi yang didapatkan oleh mahasiswa dan dosen melalui lomba, penelitian, karya ilmiah dan lain-lain. Begitu juga oleh semua elemen karyawan dan masyarakat FT-UB yang selalu bekerja keras untuk mengharumkan nama FT-UB baik didalam Universitas maupun diluar. Pencapaian ini disertai dengan kerja nyata dan kebersamaan seluruh civitas FT-UB yang berkontribusi secara maksimal dan sepenuh hati untuk mewujudkan impian FT-UB kedepan. Karena itu, masih diperlukan ide, sarana, dan implementasi yang lebih lagi untuk meningkatkan kebersamaan, kerja nyata dan prestasi FT-UB tercinta ini.

Kebersamaan yang diterapkan dalam FT-UB tidak perlu dipertanyakan lagi, mulai dari penerimaan mahasiswa baru sampai kelulusan mahasiswa semua ikut andil dalam penyelenggaraannya, begitu juga kerja nyata yang diimplementasikan dengan program kerja pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat seperti Kemah Kerja Mahasiswa FT-UB yang membangun fasilitas warga yang masih kurang. Prestasi yang didapat juga telah meliputi level nasional dan internasional di berbagai bidang. Untuk itu, perlu adanya wadah lain untuk meningkatkan kebersamaan, kerja nyata dan prestasi FT-UB. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah pembuatan pabrik mini FT-UB yang dibangun dan dikelola oleh semua jurusan FT-UB.

Dalam pembuatannya, diperlukan bantuan bidang Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Pengairan dalam penentuan rancangan bangunan pabrik dan kerangka bangunan pabrik serta material yang digunakan. Diperlukan juga dari PWK untuk mengetahui lokasi yang tepat untuk membangun pabrik mini FT-UB. Diperlukan juga andil dari Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Kimia untuk merancang produksi dan produk yang akan dibuat. Sehingga harapannya dalam pembuatan pabrik mini ini dapat meningkatkan kebersamaan antar jurusan dalam FT-UB dan civitas teknik, juga mengimplementasikan hasil dari ilmu yang didapat di perkuliahan secara langsung untuk kerja nyata semua jurusan dalam pembangunan dan pelaksanaan pabrik mini FT-UB.

Mahasiswa yang bisa mengimplementasikan ilmunya terhadap pembangungan dan pelaksanaan pabrik mini FT-UB juga merupakan capaian prestasi terhadap FT-UB sendiri karena dapat memperoleh tenagakerja dari mahasiswa nya sendiri, dan juga dapat dijadikan objek penelitian sehingga harapannya pabrik mini ini dapat menjelma menjadi pabrik yang sebenarnya, yang mampu menampung tenaga kerja masyarakat disekitarnya dan produk yang dihasilkan mempunyai brand yang dibuat oleh FT-UB.

Selanjutnya pabrik mini ini tidak hanya sebatas program kerja Fakultas Teknik Universitas Brawijaya namun juga sebagai penggerak roda perekonomian indonesia, dimana dapat menginspirasi banyak universitas lainnya agar dapat membangun pabrik-pabrik yang lain agar dapat mengimplementasikan teori yang didapat di perkuliahan dan memperluas tenaga kerja serta dapat menjadi langkah awal Indonesia dalam membangun negara industri yang dimulai dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Dengan kata lain, FT-UB telah melangkahkan kakinya lebih jauh lagi dalam menggapai kebersamaan dan kerja nyata dalam berprestasi di Indonesia.

Juara II Lomba Penulisan Artikel 2018
Nama                  : Mahendra Habriantama
Status/Jurusan : Mahasiswa / Teknik Industri

199 total views, 1 views today