Posted in 11 January 2018, by Mic, kategori Berita, Teknik Industri

iqbalMedia sosial merupakan suatu wadah yang bisa menampung banyak hal, baik yang positif maupun negatif. Penggunaan media sosial yang baik dapat menyebabkan hal baik datang kepada pengguna tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Media sosial juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat suatu individu, kelompok, dan bahkan organisasi untuk berkembang dan meningkatkan mutu atau kualitas mereka. Lantas apa yang terjadi jika pengaplikasian media sosial yang baik ini kita terapkan di Fakultas Teknik?

Peran media sosial untuk fakultas teknik merupakan hal yang penting sehingga harus dioperasikan dengan baik dan dengan orang yang benar. Di media sosial tersebut, hal yang paling utama adalah pemberian informasi atas apa yang terjadi di sekitar lingkup fakultas teknik tersebut. Misalkan bila ada pencapaian yang dicapai oleh fakultas teknik baru-baru ini, kita bisa membuat berita dalam bentuk pengumuman atau bahkan artikel atas pencapaian yang telah dicapai oleh fakultas teknik tersebut, sehingga orang-orang yang membaca berita di media sosial tersebut mempunyai informasi baru bahwa fakultas teknik adalah fakultas yang penuh dengan pencapaian-pencapaian di berbagai bidang. Orang yang membaca berita tersebut juga bisa membicarakan hal tersebut bersama teman-temannya dan dari pembicaraan tersebut akan tersebar nama fakultast teknik yang bermutu, bereputasi, dan juga berkualitas.

Media sosial juga bisa menjadi tempat untuk saling peduli sesama. Kita bisa mem-post suatu event yang membutuhkan pertolongan segera, baik dari segi dana maupun terjun ke lapangan langsung yang akan membuat masyarakat sadar akan kejadian yang terjadi di sekitar mereka. Banyaknya kejadian-kejadian tersebut membuat peran media sosial ini penting dikarenakan dapat mempermudah mahasiswa fakultas teknik mencapai orang-orang yang sekiranya bisa membantu dalam meringankan beban masalah tersebut. Salah satu acara yang sering diselenggarakan untuk membantu masyarakat adalah donor darah. Donor darah memang terlihat sepele tetapi dalam melakukan donor darah kita sudah membantu banyak masyarakat dalam menanggulangi kekurangan darah demi operasi maupun yang hal lainnya.

Media sosial juga bisa menjadi tempat untuk menampung aspirasi rakyat. Kita bisa membuat suatu kuisioner atau pertanyaan kritis yang jawabannya dapat berdampak kepada masyarakat luas. Mahasiswa sebagai jembatan penghubung antara masyarakat dan pemerintah harus aktif dan kritis agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik, dan bila ada yang tidak sesuai maka masyarakat berhak untuk tahu dan dapat menyampaikan suara mereka masing-masing yang nantinya akan disampaikan ke pemerintah melalui mahasiswa. Dalam melakukan ini masyarakat menjadi tahu bahwa mahasiswa fakultas teknik memang benar merupakan mahasiswa yang aktif dan peduli pada masyarakat sekitar dan mau bertindak demi membawa pemerintahan ke jalan yang benar.

Kesimpulannya, media sosial merupakan suatu alat yang vital bagi fakultas teknik baik untuk meningkatkan reputasi, mutu, dan kualitas mereka dan juga menjadi dekat dengan masyarakat dan pemerintah yang nantinya akan terus bekerja sama sehingga mereka mempunyai satu pikiran yang sama dan akan menciptakan suatu lingkungan yang harmonis dikarenakan hubungan baik yang terjalin.

Finalis Lomba Penulisan Artikel 2017 (2/10)

Iqbal Ridhayanto
Mahasiswa Teknik Industri angk. 2017

187 total views, 1 views today