Posted in 27 October 2013, by mawardi, kategori Berita

11. Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS-1“Peningkatan Manajemen Mutu”
Mengemban amanah berupa Visi, Misi dan Rencana Strategis Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, kembali dilanjutkan pada periode ini. Mohammad Bisri, pria kelahiran 26 November 1958 adalah Dekan Fakultas Teknik ke-11. Karirnya dimulai pada tahun 1985 sebagai dosen di Jurusan Teknik Pengairan UB hingga sekarang. Predikat sebagai Guru Besar diraihnya pada tahun 2010 dengan judul orasi ilmiah Konservasi Air Suatu Upaya Untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim Global.
Pria kelahiran Malang ini pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Teknik Pengairan (1992-1996), Ketua Jurusan Teknik Pengairan (1999-2002), Ketua Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPP FT) (2009-2013). Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pengembangan Jaminan Mutu Internal PJM UB (2009-2011), Sekretaris Pusat Jaminan Mutu UB (2011-2012) dan yang terakhir sebagai Ketua Pusat Jaminan Mutu UB (2012-2013). Beliau dilantik menjadi Dekan Fakultas Teknik (2013-2017) pada tanggal 5 Juni 2013.
Memberikan yang terbaik untuk Fakultas Teknik, beliau menancapkan lima sasaran yang harus dilakukan, yaitu peningkatan kualitas, penyehatan organisasi, peningkatan daya saing internasional, pengelolaan sumber daya, pendanaan yang akuntable dan transpran. Dalam implementasinya dipilih delapan skala program prioritas yaitu penyehatan organisasi, sistem informasi dan database berbasis teknologi informasi (Click Faculty), kurikulum pembelajaran dan suasana akademik, pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama, pendanaan yang akuntabel dan transparan, pelayanan prima dan Internasionalisasi (Akreditasi/sertifikasi internasional).
Sentuhan awal beliau dalam melaksanakan program prioritas adalah membangun sistem organisasi, dimana diawal 17 hari kepemimpinan beliau Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Fakultas Teknik, tepat tanggal 2 Juli 2013 telah disahkan oleh Senat Fakultas Teknik. Berdasarkan OTK tersebut sistem-sistem lainnya mulai dikembangkan. Sistem informasi dan database melalui organisasi PSIK (Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan) telah mulai berjalan dengan baik, dengan harapan dalam waktu tidak terlalu lama semua pelayanan di fakultas maupun di jurusan sudah menjadi satu sistem berdasarkan sistem informasi yang dibangun (click faculty), sehingga efisiensi dan efektivitas manajemen dapat tercapai. Program lainnya sedang berjalan sesuai skala prioritas.
Dalam menjalankan program kerja Fakultas, prinsip yang dibangun kakek dari satu orang cucu ini akan mengoptimalkan semua unit kerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing serta secara rutin melakukan komunikasi internal. Prinsip dan fungsi manajemen Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau Planning, Organizing, Actuating dan Controlling menjadi pegangan dalam menjalankan roda organisasi di Fakultas Teknik.

1,558 total views, 1 views today