Posted in 3 January 2019, by Mic, kategori Berita, FT Menulis, Teknik Elektro

Ahmad-Dulhadi-2Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan yang diduduki oleh PNS dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat yang berwenang.

PLP diatur oleh Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 03 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan dan angka kreditnya, serta Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/V/PB/2010 Nomor 13 tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan  dan Angka Kreditnya.

Kenaikan pangkat seorang PLP tidak lagi secara regular (4 tahun naik pangkat), akan tetapi diwajibkan mengumpulkan angka kredit. Angka kredit bagi jabatan fungsional PLP didapat dari 4 unsur yaitu: Pendidikan, Pengelolaan Laboratorium, Pengembangan Profesi dan Penunjang.

Pranata Laboratorium Pendidikan dalam pangkat dan jabatan tetentu, untuk kenaikan pangkat dan atau jabatan diwajibkan ada angka kredit dari unsur pengembangan profesi, seperti penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), baik KTI hasil penelitian maupun KTI suatu gagasan atau telaah, dengan melalukan pemaparan karya tulis ilmiah berupa seminar, sehingga pengembangan profesi termasuk unsur  yang wajib dilakukan untuk pengumpulan angka kredit.

Tujuan Pengembangan Profesi adalah untuk meningkatkan profesionalitas PLP  sesuai dengan kebutuhan, bertahap dan berkelanjutan.

Adapun jenis kegiatan Pengembangan Profesi yaitu : Pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI), penerjemahan buku dan pustaka, penyusunan standar/pedoman, Penemuan teknologi tepat guna dan Perolehan sertifikat profesi.

Dari sekian banyak kegiatan Seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan sejenis lainnya, PLP Universitas Brawijaya pada umumnya dan khususnya PLP Fakultas Teknik telah aktif dan ikut berperan serta dalam penyampaian makalah-makalahnya di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kegiatan yang pernah diikuti oleh PLP Fakultas Teknik antara lain di Unpad, UGM, ITS, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Trunojoyo, UNJ, Makasar, UM, UB dan lain-lain.

Berkaitan dengan banyaknya PNS yang purna tugas dan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga Laboratorium yang profesional, diterbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rerformasi Birokrasi Nomor 26 tahun 2016 Tentang pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan jabatan fungsional, perlu mengangkat pegawai negeri sipil yang memenuhi syarat melalui penyesuaian/inpassing pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Batas impasing ini sampai dengan Desember 2018.

Di Universitas Brawijaya tenaga laboran, teknisi dan analis jumlahnya cukup banyak, maka pada tahun 2018 Universitas Brawijaya melalui Peraturan Rektor Universitas Brawijaya  Nomor 20 Tahun 2018  Tentang  Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Non PNS.

Seiring dengan Peraturan Rektor tersebut, pada Oktober 2018 Universitas Brawijaya telah mengadakan Uji Kopetensi bagi Pegawai UB Non PNS menjadi PLP Non PNS. Diharapkan nantinya PLP Non PNS bisa sejajar dengan PLP, yang nantinya PLP Universitas Brawijaya khususnya PLP Fakultas Teknik dapat mengembangan Kompetensi SDM untuk mewujudkan kualitas pengelolaan laboratorum yang berdaya saing global menuju profesionalisme.

Juara III Lomba Penulisan Artikel 2018
Ahmad Dulhadi, ST
PLP Laboratorium Sistem Digital, Teknik Elektro FTUB

274 total views, 2 views today