Posted in 21 May 2019, by Mic, kategori Berita

PSPPI angkatan 3 (2)Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI), Jurusan Profesi Keinsinyuran FTUB mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru periode semester ganjil 2019/2020. Angkatan ketiga ini total berjumlah 19 orang dari berbagai instansi.

Para pendaftar ini antara lain berasal dari UB, UIN, PT Wijaya Karya, PT Semen Gresik, Pemerintah Kota Malang, Dinas PU Sumber Daya Air, dan PT Muara Karya.

Seluruh calon mahasiswa baru diwawancarai oleh asesor internal PSPPI sendiri, yaitu Prof. Ir. Ludfi Djakfar, IPM, Ir. Sugeng P. Budio, IPM, Ir. Soeprapto, IPM, dan Nasir Widha Setyanto, IPM, pada hari Sabtu, 11 Mei 2019 di Ruang PSPPI Gedung FTUB (lt.4).

“Semua kita seleksi terkait dengan pendidikan, pengalaman kerja keinsinyuran, karya tulis, dan kegiatan profesional di bidang keinsinyuran yang sudah dilakukan,” ungkap Ketua Jurusan PSPPI,Prof. Ludfi.

PSPPI angkatan 3 (3)Lebih lanjut Sekretaris Jurusan, Ir. Rinawati P. Handajani, MT., juga menjelaskan bahwa proses wawancara ini juga sekaligus untuk menilik layak tidaknya mahasiswa ini mengikuti Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) atau tidak.

Program Profesi Insinyur sendiri merupakan program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran. Program ini tertuang dalam salah satu poin dalam UU No 11 Tahun 2014 tentang Undang-undang Keinsinyuran pasal 7 s/d 9 tentang Pendidikan Profesi Insinyur.

PSPPI angkatan 3 (6)Sistem perkuliahan PS PPI terbagi ke dalam 2 program, yaitu Program Pendidikan Reguler dan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Program reguler dilaksanakan selama 2 semester (1 tahun) dengan 30% tatap muka dan 70% magang. Setelah melalui proses tersebut peserta harus mengikuti Uji Kompetensi Insinyur yang dilaksanakan di Universitas Indonesia mulai Semester Ganjil 2018/2019.

PSPPI angkatan 3 (7)Sedangkan untuk dua angkatan pertama PSPPI FT-UB, sebagaimana juga dijadikan standar pelaksanaan di perguruan tinggi lain, melaksanakan Program RPL. Program ini dilaksanakan berdasarkan pada track record masa lalu.

PSPPI angkatan 3 (1)Mahasiswa baru akan diminta mengumpulkan berkas yang berisi pendidikan yang telah diselesaikan dan pengalaman profesionalnya. Berkas tersebut akan melalui proses penilaian FAIR.

Di akhir semester mahasiswa akan menjalani asesmen FAIR untuk mengonversikan capaian pembelajaran masa lampau itu menjadi angka sesuai dengan mata kuliah yang harus diikuti untuk mendapatkan IPK yang digunakan untuk menentukan kelulusan.

“Semoga mahasiswa baru ini bisa menjalankan hak dankewajibannya sebagai mahasiswa PSPPI dan mengerjakan FAIR sebaik-baiknya untuk memudahkan proses kelulusan,” harap Kajur yang juga Guru Besar Bidang Teknik Jalan Raya ini. (HumasFTUB)

 PSPPI angkatan 3 (10) PSPPI angkatan 3 (9) PSPPI angkatan 3 (8) PSPPI angkatan 3 (5)

89 total views, 2 views today