Posted in 25 July 2018, by Mic, kategori Berita, PWK

IMG_2425Peningkatan kinerja dan kualitas terus diupayakan  Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB). Salah satunya adalah dengan diselengarakannya workshop pemutakhiran kurikulum. Workshop digelar di Hotel Swiss Belinn Kota Malang pada tanggal 19-20 Juli 2018 dengan tema Pemutakhiran Kurikulum Program Studi (PS) S1 PWK.

Dihadiri oleh segenap civitas akademika dari Jurusan PWK, workshop disambut dan dibuka oleh Ketua Jurusan PWK, Abdul Wahid Hasyim. Pertemuan kali ini membahas tentang evaluasi mata kuliah sesuai kurikulum yang sudah dijalankan sejak Tahun 2014. Evaluasi mata kuliah ini dipimpin oleh Ketua Kelompok Jabatan Fungsional (KKJF) dan tim kurikulum Jurusan PWK.

IMG_2375Pembelajaran di setiap mata kuliah akan dievaluasi dalam tujuh kriteria yakni capaian pembelajaran mata kuliah, kesesuaian Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan capaian pembelajaran, kesesuaian RPS dengan pelaksanaan perkuliahan, hasil pembelajaran, jumlah pertemuan perkuliahan, jumlah pertemuan  masing-masing dosen (team teaching) sesuai RPS, dan Tingkat kehadiran mahasiswa,” terang KKJF Perencanaan Kota PWK dan Ketua UJM, Eddi Basuki Kurniawan saat membuka presentasi tentang evaluasi mata kuliah di bawah kelompok keahliannya.

Evaluasi dikelompokkan dalam dua belas kelompok mata kuliah di PS 1 PWK. Keduabelasnya yakni kelompok pengetahuan umum, teori dan metode perencanaan, kerja praktik dan tugas akhir, managemen dan evaluasi perencanaan, transportasi, perencanaan kota, perancangan kota, infrastruktur dan sistem informasi, perencanaan lingkungan, perencanaan sosial dan ekonomi, perencanaan desa, dan perencanaan wilayah. Masing-masing ketua kelompok mempresentasikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran mata kuliah sesuai tujuh kriteria tersebut di atas.

kurikulum_Panorama1Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PS S1 Septiana Hariyani memaparkan tentang rancangan perubahan kurikulum pada beberapa mata kuliah yakni perubahan SKS pada mata kuliah dan penambahan mata kuliah Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada semester V atau VI.

Rancangan kurikulum ini akan diberlakukan untuk mahasiswa angkatan 2016, 2017, dan 2018 sedangkan untuk mahasiswa angkatan 2012, 2013,2014 dan 2015 masih menggunakan kurikulum Tahun 2014. Draft perubahan kurikulum ini selanjutnya akan menjadi acuan untuk penyusunan Buku Pedoman Akademik PWK Fakultas Teknik UB Tahun 2018/2019. (AA)

69 total views, 1 views today