Posted in 18 August 2016, by Mic, kategori Berita, Teknik Elektro

IMG-20160818-WA0007Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) punya cara unik untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Mereka menggelar upacara bendera dengan memberdayakan robot-robot yang mereka miliki sebagai petugas dan peserta upacara.

Robot-robot ini adalah yang biasa tampil pada Kontes Robot Indonesia (KRI). Mereka mempunyai peran dan tugas masing-masing dalam pelaksanaan upacara bendera.

Robot YUME dari Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki misalnya, bertugas untuk membawa bendera. Sedangkan robot Rajwa dari Kontes Robot Seni Tari Indonesia  (KRSTI) bertugas menggerek atau mengibarkan bendera.

Robot Reena dari kategori KRSTI yang memakai pakaian tradisional bertugas menjadi dirigien upacara. Sementara Robot Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Enbios bertugas sebagai pembina upacara. Tak ketinggalan robot pemadam api beroda Zafina dan robot eco Inficto didapuk sebagai peserta upacara.

“Robot-robot ini diprogram ulang oleh tim kami untuk proyek upacara bendera ini,” kata ketua divisi robotika Achnafian Rafif Zufaryansyah.

Selain Achnafian, 15 mahasiswa dari Laboratorium Robotika dan Mekatronika turut terlibat dalam proyek ini dengan dibimbing dosen Eka Maulana, ST., M.Eng.

Mahasiswa angkatan 2013 itu mengatakan, mayoritas robot diprogram ulang cara pengaktifan, pergerakan, serta timing dari pergerakannya. Hal ini dilakukan agar sinkron sesuai dengan tugasnya di dalam upacara bendera.

“Untuk cara pemrogramannya relatif cukup rumit. Namun karena risetnya sudah berlangsung cukup lama, hal yang perlu dilakukan sudah terbantu oleh riset-riset sebelumnya,” beber Achnafian.

Robot-robot ini dikendalikan secara otomatis. Program-program yang berisi pergerakan robot yang diperlukan dari awal hingga akhir prosesi upacara dikondisikan oleh programmer. Sehingga, programmer harus memperhitungkan dengan tepat gerakan-gerakan tertentu.

Eka Maulana sebagai dosen pembimbing mengatakan proyek upacara bendera ini adalah bagian dari persiapan tim menuju Kontes Robot Indonesia 2017. Alumni Universitas Miyazaki Jepang itu berharap momen ini digunakan untuk menambah pengalaman dan kekompakan tim.

“Proyek ini sebagai salah satu upaya untuk memupuk kreativitas mahasiswa khususnya kemampuan dalam merancang algoritma pada robot sekaligus menyambut hari kemerdekaan RI,” tambahnya. (and)

Upacara bendera tim robotika UB :

545 total views, 2 views today