Posted in 7 January 2019, by Mic, kategori Berita, FT Menulis, PWK

Mbak Anggi“Menjadi universitas unggul yang berstandar internasional”

Kutipan visi yang kini diemban Universitas Brawijaya (UB). Berbagai strategi telah diluncurkan untuk mewujudkan hal tersebut. Beberapa diantaranya yakni meningkatkan jumlah kerjasama, publikasi, akreditasi , jumlah visiting professor, penyelenggaraan dan keikutsertaan seminar, mahasiswa outbound dan inbound, serta kelas bertaraf internasional.

Strategi tersebut tertuang dalam turunan kinerja dari renstra Universitas Brawijaya Tahun 2015-2019 yang akan menjadi tanggung jawab bersama kelurga besar Universitas Brawijaya untuk mewujudkan predikat World Class Entrepreneurial University di Tahun 2025. Fakultas Teknik (FT) khususnya telah menargetkan beberapa kinerja untuk berkontribusi membangun cita-cita bersama tersebut. Kinerja tersebut juga menjadi pekerjaan rumah semua jurusan pada Fakultas Teknik salah satunya yakni meningkatkan mahasiswa outbound.

Tercatat dalam Kontrak Kinerja FT Tahun 2017 kontribusi terbesar untuk mahasiswa outbound dipegang oleh Jurusan Pengairan (Program Sakura) dan Jurusan PWK. Pada Tahun 2018 Jurusan PWK juga telah menyumbangkan 30% mahasiswa dari total 20 mahasiswa yang ditargetkan untuk mahasiswa outbound sedangkan 7 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin juga tercatat  mengikuti Program Short Research Stay di University Tun Hussein Malaysia.

Enam mahasiswa PWK outbound tersebut diantaranya mengikuti program summer course, program internship, dan field trip di Kyoto University, Jepang.. Program yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan S2 Jurusan PWK ini tak bisa lepas dari hasil negosiasi yang diinisiasi oleh Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D, Sekretaris Jurusan PWK dengan pihak Kyoto University.

“Awalnya kerja sama ini masih di tingkat jurusan, selanjutnya berkembang dengan adanya MoU antara Fakultas Teknik dengan Kyoto University,” terang Ismu yang ikut dalam acara penandatanganan MoU bersama Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT. Dekan FT, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ir Surjono, MTP dan Ketua Jurusan PWK Dr. Ir. Abdul Wahid Hasyim, MSP. pada Tahun 2014 di Jepang.

Pada tanggal 25 September- 4 Oktober 2018 Jurusan PWK kembali mengirimkan dua dosen PWK yakni Ismu Rini Dwi Ari, MT., Ph.D dan Dr. Techn. Christia Meidiana, ST., M.Eng beserta 9 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S1, S2 PWK dan S3 Minat PWK Jurusan Teknik Sipil ke Kyoto University dalam acara Guest Lecture dan Workshop.

Join Riset Internasional juga mulai digalakkan oleh Jurusan PWK sebagai salah satu bagian dari keluarga Fakultas Teknik. Tercatat Dr. Eng. Fadly Usman, ST., MT. telah melakukan Join Riset dengan Profesor Keisuke Murakami, Universitas Miyazaki Jepang yang berlokasi di daerah Jember. Pada tanggal 21-30 September Profesor Keisuke berkunjung ke UB dalam rangkaian acara visiting professor.

Dalam rangkaian acara tersebut, selain untuk inisiasi keberlanjutan join riset, Profesor Keisuke juga mengisi beberapa acara kuliah tamu yang diadakan dengan kerja sama  Jurusan PWK, Teknik Pengairan, Teknik Sipil dan Fakultas Pertanian. Selain itu, telah dimulai sosoalisasi program double degree antara Jurusan PWK dengan Universitas Miyazaki. Harapan besar Fakultas Teknik untuk berkontribusi aktif untuk Universitas Brawijaya menuju World Class University. (AA)

Juara I Lomba Penulisan Artikel 2018
A
nggi Anggraeni, S.Si
Tenaga Kependidikan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

154 total views, 1 views today