Posted in 13 November 2017, by Mic, kategori Berita

ABET (1)Menyusul Teknik Pengairan yang telah mendapatkan akreditasi internasional AUN-QA pada Januari 2017 lalu, kali ini giliran Teknik Elektro (TE) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) bersiap untuk menuju akreditasi internasional ABET. TE-UB mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan action plan menuju Akreditasi Internasional ABET, Sabtu, 12 November 2017.

ABET, yang tergabung dalam Accreditation Board for Engineering and Technology, Inc., adalah organisasi non-pemerintah yang mengakreditasi dalam bidang teknologi sains, komputer, rekayasa, dan teknik terapan. ABET juga merupakan akreditasi internasional berbasis outcome dari USA dan termasuk dalam Washington Accord.

“Saat ini Prodi Teknik Elektro S1 dan S2 sudah terakreditasi A (berdasarkan BAN-PT), dalam rangka program WCU (World Class University) tahun 2017, sudah saatnya untuk mempersiapkan Akreditasi Internasional,” ujar Ketua Jurusan TE UB, Muhammad Aziz Muslim, ST., MT., Ph.D.

Turut hadir pada kesempatan itu antara lain Sekretaris Jurusan TE-UB Hadi Suyono ST MT PhD, Ketua Program Studi S1 Teknik Elektro Ali Mustofa ST MT, Ketua Program Studi S2 DrEng Panca Mudjirahardjo ST MT, Ketua Kelompok Jabatan Fungsional masing-masing konsentrasi di TE UB, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) UB Student Branch Counselor, Tim UJM, dan perwakilan mahasiswa TE-UB.

Pada FGD siang itu dibahas beberapa topik; kesiapan administrasi Jurusan Teknik Elektro, kesiapan Parameter Penilaian Akreditasi Internasional, Kondisi Eksisting TEUB, dan Rencana Strategis dalam akrediatasi internasional

ABET (2)Aziz PhD menambahkan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyusun action plan menuju Akreditasi Internasional ABET dengan melakukan identifikasi diri meliputi kesiapan administrasi, infrastruktur, dan  sumberdaya yang tersedia.

Penyiapan SDM (stakeholder) meliputi mahasiswa, dosen, dan staf administrasi. Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan improvisasi dengan kegiatan dan kelembagaan internasional, salah satunya adalah afiliasi dengan IEEE UB-Student Branch. Dosen melalui kontrol perkuliahan rubrik penilaian dan pembelajaran untuk mengukur kompetensi. Staf administrasi ditingkatkan kemampuan hardskill dan softskillnya.

Saat ini TE-UB sedang mempersiapkan proses penyusunan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, assessment hasil belajar, integrasi program kurikuler, ko-kurikuler, ekstra-kurikuler serta dengan mengubah budaya dan mindset.

Aziz PhD juga berharap agar Program Studi Teknik Elektro dapat mempersiapkan dengan baik menuju akreditasi internasional sehingga mempu bersaing secara global dalam bidang riset dan akademik serta dalam rangka mendukung program  Universitas Brawijaya sebagai World Class University.

“Semoga Penyusunan Blue print dan time line Towards International Accreditation 2020 ini berjalan lancar dan dapat dipersiapkan sebaik-baiknya,” tutupnya. (mic)

58 total views, 2 views today