Posted in 26 March 2019, by Mic, kategori Berita

waterdayBertepatan dengan Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 maret 2019, Himpunan Mahasiswa Teknik Pengairan (HMP), Fakultas Teknik UB kembali mengadakan World Water Campaign (WWC). Bertemakan leaving no one behind, HMP mengambil sub tema water and people.

“Diambil sub tema itu karena kami ingin mengkampanyekan hari air dan menyadarkan masyarakat akan ketersediaan air serta sanitasi yang layak,” ungkap Ketua WWC 2019, M. Rizky Pratama.

Memanfaatkan berbagai media, tanggal 22 Maret 2019 acara dimulai dengan sosialisasi dan kampanye dengan media cetak yang berfokus di lapangan rektorat UB dan dilanjutkan dengan pawai dan orasi sebagai tanda dimulainya rangkaian WWC 2019 ini.

Rangkaian WWC dilanjutkan pada tanggal 24 Maret 2019 di Car Free Day (CFD) Ijen yang berfokus pada kampanye ke masyarakat ramai. Seluruh panitia yang bertugas mensosialisasikan hari air secara langsung kepada pengunjung CFD dengan membagikan brosur dan pembagian tumbler.

waterday1“Bagi masyarakat yang memberikan kesan dan pesan terhadap hari air, mengisi quisoner, dan menukarkan sampah botol plastik, kami berikan tumbler secara gratis,” kata Yayang Saputra selaku Ketua himpunan HMP.

Pembagian tumbler ini berkolaborasi dengan PDAM terkait respon masyarakat tentang air siap minum dari PDAM. Panitia juga menyediakan kain panjang sebagai wadah aspirasi masyarakat dan photoboth yang dijadikan media hiburan dan edukasi.

waterday 2Kegiatan hari itu cukup padat. Usai menutup acara di CFD dengan pawai dan orasi mengitari CFD Ijen, panitia berpindah ke sungai di sekitar Kelurahan Pisangcandi Kecamatan Sukun, Malang. Disana panitia dan warga saling bahu-membahu membersihkan sampah di sungai dan memasang plang himbauan dilarang membuang sampah di beberapa titik.

“Jargon kami adalah People do for water, water for people. Jadi kami terjun langsung ke masyarakat untuk menstimulus masyarakat akan pentingnya menjaga air yang ketersediaannya juga penting untuk masyarakat itu sendiri,” tutup Deny Ainur Rosidin selaku Ketua Pelaksana.

64 total views, 1 views today