Posted in 3 May 2019, by Mic, kategori Berita, Teknik Industri

idex (3)Teknik Industri Universitas Brawijaya (TI-UB) kembali memamerkan produk-produk inovasi hasil praktikum mahasiswa dalam gelaran Industrial Design Exhibition (iDEX) ke-5, Selasa, 30 April 2019, di halaman parkir gedung TI-UB.

Dosen koordinator pelaksana iDEX 2019, Sugiono, ST., MT., Ph.D, menyampaikan kegiatan diikuti oleh 21 kelompok/produk peserta Praktikum Terintegrasi II. Kali ini, iDEX mengambil tema tentang inovasi alat-alat sekolah (tools for student).

“Perlu kami sampaikan juga ini acara outdoor pertama kali. Selama ini praktikum sebelumnya dilaksanakan indoor. Insyaa Allah ke depan akan kami evaluasi terus, bahkan mungkin untuk bekerjasama dengan UKM,” ujar Sugiono dalam laporannya.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik UB Ir. Ishardita Pambudi Tama, ST., MT., Ph.D memuji penyelenggaraan iDEX yang turut mengundang perwakilan-perwakilan guru dan siswa SMA/SMK di Kota Malang.

“Banyak sebetulnya calon-calon mahasiswa atau anak-anak SMA-SMK kelas 3 atau kelas 2 yang sebetulnya mereka belum terlalu tahu apa itu teknik industri. Sehingga dengan acara seperti ini mereka lebih mengetahui teknik industri itu berurusan dengan apa,” harapnya.

idex (2)Perwakilan guru yang turut hadir dalam acara, Ari Subagyo, S.Kom, mengamini pernyataan dari Wakil Dekan Bidang AkademiK FT-UB. Bahkan ia menyarankan untuk gelaran iDEX di tahun-tahun mendatang bisa mengundang siswa SMA/SMK dengan kuota yang lebih besar.

“Kalau bisa undangan lebih dari 6 siswa. Karena anak-anak sangat antusias melihat pameran seperti ini. Mungkin mereka bisa melihat secara langsung kehidupan di kampus seperti apa dan memacu jiwa keingintahuan yang lebih besar,” kata guru sekaligus Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 5 Malang ini.

Dari hasil penilaian dewan juri didapatkan 3 pemenang utama yakni berturut-turut Kelompok 4 (Sapu), Kelompok 6 (Cable Organizer Box), dan Kelompok 2 (Tabung Gambar) sebagai Juara 1, 2, dan 3. Kelompok 4 mendapatkan total nilai 83,67, Kelompok 6 dengan total nilai 82,00, kemudian Kelompok 2 dengan total nilai 81,67.

idex (1)Sementara dari hasil vote pungunjung, didapatkan Kelompok 20 (Meja Laptop) sebagai Juara Favorit dengan mengumpulkan nilai vote tertinggi 63 dari total 506 vote yang masuk ke panitia.

“Total perwakilan siswa dan guru yang hadir yaitu 36 orang, dan jumlah pengunjung yang melakukan voting terdapat 506 orang. Berdasarkan jumlah pengunjung yang hadir, IDEX tahun ini mengalami peningkatan pengunjung sebanyak dua kali lipat dibandingkan tahun lalu,” ujar salah satu asisten laboratorium praktikum PT II Rheza Adnandy.

idexKetua Jurusan TI-UB Oyong Novareza, ST., MT., Ph.D mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia gabungan Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi dan Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas sehingga acara terselenggara dengan sukses.

“Mudah-mudahan produk yang anda buat bisa berguna di kemudian hari. Jangan lupa Praktikum Terintegrasi masih ada 2 lagi yakni Praktikum Terintegrasi III dan Praktikum terintegrasi IV,” pesan Ketua Jurusan saat menutup acara. (and)

160 total views, 1 views today