Posted in 22 March 2019, by Mic, kategori Berita, Teknik Industri

hamago (2)Tanggal 15-18 Maret 2019, Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya mengirimkan perwakilan tim HAMAGO untuk mengikuti Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2019 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan, Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Tim HAMAGO beranggotakan Qurrota A’yunin, Rheza Adnandy, Widya Rahayu Utami, dan Mahendra Habriantamayang juga merupakan asisten di Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas. Rangkaian acara kompetisi ini dilakukan selama tiga hari, yaitu mulai dari kegiatan technical meeting, presentasi, dan field trip, hingga seminar nasional dan pengumuman juara.

Didampingi oleh Debrina Puspita Andriani, ST., M.Eng., dosen Jurusan Teknik Industri, pada kompetisi kali ini Tim HAMAGO berhasil meraih juara kedua dengan perbedaan nilai yang tipis dengan juara pertama.

Kompetesi Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2019 mengusung tema “Creative Idea for Indonesia Golden Era 2045” dengan sub tema teknologi, industro pangan, budidaya, jasa, dan industri kreatif. Untuk tahap seleksi secara keseluruhan terdapat tiga tahap utama yaitu babak penyisihan, semifinal, dan babak final.

Tahap final berupa presentasi karya diadakan di Universitas Udayana Balidan diikuti oleh 5 tim yang telah lolos dari total partisipan sebanyak 379 tim.Tahap presentasi dilakukan secara tertutup dimana hanya juri dan panitia yang bersangkutan selama berjalannya presentasi dari setiap tim. Tiga orang juri yang dihadirkan berasal dari perwakilan lembaga bidang teknologi, kewirausahaan pemerintah, dan dosen.

Pada kompetisi ini Tim HAMAGO mempresentasikan usaha bisnisnya berupa alat pembasmi hama yang dijalankan secara otomatis dengan menerapkan gelombang suara untuk membasmi hama wereng, tikus, burung, dll. Tidak hanya inovasi dalam penggunaaan gelombang suara, alat ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat menjalankan alat tersebut dengan jarak jauh.

hamago (1)“Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana merupakan salah satu kompetisi yang menarik dimana mahasiswa dihadapkan pada pandangan di era 2045. Hal ini memacu peserta lomba untuk terus berfikir kreatif dengan mengembangkan apa yang ada di lingkungan sekitar. Kami berharap agar lomba ini dapat berjalan seterusnya agar menjadi salah satu wadah mahasiswa menyalurkan inovasi dan jiwaentrepreneur,” ungkap Widya selaku salah satu bagian dari Tim HAMAGO.

Dalam kesempatan ini Tim HAMAGO menyampaikan terimakasih kepada Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas, Jurusan Teknik Industri, dan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang telah memberikan dukungan untuk mengikuti kompetisi ini. (QA/AZ)

68 total views, 2 views today