Posted in 3 September 2019, by Mic, kategori Berita

WhatsApp Image 2019-09-03 at 17.41.44(2)Jurusan Profesi Keinsinyuran, Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakults Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) mendapatkan kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kali ini visitasi akreditasi dilaksanakan oleh Prof. Dr. Widayat dari Universitas Diponegoro dan Prof. Asep Kurnia Permadi, Ph.D dari Institut Teknologi Bandung.

Bertempat di Ruang Meeting lantai 3 Gedung FTUB, para asesor disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Prof. Dr. Aulanni’am, Dekan-Dekan fakultas terkait (Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas TEknologi Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Peternakan), pimpinan Jurusan dan Unit Kerja di lingkungan FTUB, dan Kepala Tata Usaha dan jajarannya.

“Saya melihat kekompakan disini. Untuk pertama kalinya selama menjadi asesor, kami seperti disambut seuniversitas, padahal yang divisitasi program studinya,” ungkap Prof. Widayat dalam sambutannya.

WhatsApp Image 2019-09-03 at 17.41.45(3)Hal ini juga diungkapkan oleh Prof. Dr. Pitojo Tri Juwono selaku Dekan FTUB. Sengaja pihaknya mengundang seluruh pihak terkait sebagai support dan tentunya sebagai bahan pembelajaran.

“Saya yakin, selain memberi support bagi yang divisitasi, kegiatan ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi pimpinan fakulas maupun jurusan dalam menghadapi tiap akreditasi,” kata dia.

Visitasi ini memang sudah ditunggu oleh PSPPI. Program studi yang baru mendapatkan ijin pada 23 Oktober 2017 (bertepatan dies natalis FT yang ke-54) ini telah meluluskan sekitar 40 mahasiswa dari dua angkatan.

“Akreditasi ini sangat diperlukan sebagai bentuk legalitas operasional sebuah program studi,” tegas Dekan.

WhatsApp Image 2019-09-03 at 17.41.45(2)Visitasi akreditasi tentunya akan memotret proses pembelajaran yang sudah berjalan. Dekan berharap agar para asesor dapat memberikan kritik dan masukan terhadap proses input dan output program studi yang baru dua tahun berjalan ini untuk perbaikan kedepan.

“Masukan yang membangun tentuya akan menjadi bekal kami agar proses yang kami canangkan dan lakukan sesuai dengan mutu standart BANPT,” ungkapnya.

Dengan mengundang pimpinan universitas dan fakultas terkait, ia juga meminta support sepenuhnya utuk program studi ini. Hal itu dijawab langsung oleh Prof. Aulani’am mewakili Rektor sebelum membuka acara.

WhatsApp Image 2019-09-03 at 17.41.45(1)“Hasil visitasi ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kepada publik. Pihak universitas tentunya akan mendukung penuh program studi ini,” tukasnya.

Visitasi ini meliputi wawancara dengan pimpinan, alumni, dan user PSPPI. Selain itu kedua asesor juga meninjau secara menyeluruh fasilitas sarana dan prasarana yang digunakan oleh PSPPI.

Kegiatan visitasi akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 2-4 September 2019 dan terpusat di Ruang Rapat pimpinan lantai 3 Gedung FTUB dan lingkungan pusat kegiatan PSPPI berlangsung. (mic)

 

62 total views, 3 views today