Di masa yang akan datang, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) diharapkan mampu mensejajarkan dirinya dengan fakultas teknik dari universitas terkemuka di Asia dalam hal mutu proses pembelajaran, lulusan, penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Untuk itu ditetapkanlah Visi dan Misi FTUB sebagai berikut : Visi dan Misi

Untuk mewujudkan visi dan misi yang diembannya, FTUB perlu menyusun program jangka panjang 10 tahun ke depan dalam suatu dokumen Rencana Strategis Fakultas Teknik Universitas Brawijaya 2011-2020.

Sesuai dengan Renstra Universitas Brawijaya tahun 2010-2014, penyusunan Renstra FTUB 2011-2020 diawali dengan evaluasi diri untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang kemudian digunakan dalam menyusun isu strategis. Komponen dalam evaluasi diri, mengikuti komponen pedoman penilaian akreditasi program studi yang dibuat oleh BAN-PT yakni: (1) Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian (2) Tatapamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, (3) Mahasiswa dan lulusan, (4) Sumber daya manusia, (5) Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, serta (7) Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Berdasarkan hasil analisis evaluasi diri, dan mengacu pada isu-isu utama yang dihadapi Universitas Brawijaya, terdapat lima isu utama yang akan dihadapi FTUB dalam sepuluh  tahun ke depan yaitu (1) Peningkatan kualitas input, proses dan output  (2) Penyehatan organisasi (3)  Peningkatan daya saing di tingkat internasional,  (4) Pengelolaan sumber daya, dan  (5) Pendanaan

Selanjutnya, untuk  jangka waktu 10 tahun (2011-2020) ditetapkan berbagai sasaran, sebagai tujuan antara dalam pencapaian tujuan. Strategi untuk mencapai sasaran dalam periode 10 tahun, ditetapkan, dan selanjutnya disebut sebagai rencana strategis dan disingkat dengan RENSTRA.

Tugas manusia adalah merencanakan dengan baik dan bijaksana, untuk kemudian dengan sekuat tenaga melaksanakan rencana tersebut dengan sepenuh hati dan pikiran. Rencana Strategis FTUB 2011-2020 ini diharapkan memberikan arah gerak FTUB pada  tahun-tahun mendatang. Dengan adanya Renstra, maka akan memudahkan pimpinan fakultas, jurusan dan program studi dalam menentukan arah pelaksanaan kebijakan. Selanjutnya perlu dilakukan monitoring dan evaluasi atas implementasi Renstra yang dilakukan setiap tahun oleh Senat Fakultas.

Renstra Fakultas Teknik 2011-2020 :

  1. Renstra FT Cover Lembar Pengesahan Download
  2. Renstra FT Download

Program Kerja Fakultas Teknik 2013 : Download

Rencana Operasional Fakultas Teknik 2011-2014 : Download

406 total views, 10 views today