lab

Menindaklanjuti arahan rektor untuk segera mensterilkan area GEdung Teknik Industri, pada hari Minggu, 15 Maret 2020 digelar sosialisasi dan edukasi tentang Covid-19 kepada petugas kebersihan FT UB oleh perwakilan Satgas Covid-19 UB, dr.Aditya Sri Listyoko, Sp.P.

“Kemarin ada permintaan dari Pak Denny (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTUB, Dr. Eng. Ir. Denny Widhiyanuriawan, S.T., M.T, red.) untuk memberikan sosialisasi ini dan saya ditunjuk oleh satgas UB untuk menyampaikannya,” ujar dr. Aditya

Bertempat di Lantai 1 Gedung FT UB, dihadapan petugas kebersihan, dr.Aditya menjelaskan tentang perlindungan diri dan upaya pembersihan di lingkungan FT UB.

“Memang belum ada pernyataan resmi bahwa mahasiswa yang bersangkutan positif Covid-19. Tetapi sebagai upaya kesiapsiagaan dan pencegahan, kita memberikan edukasi yang pertama tentang perlindungan diri. Jadi, upaya-upaya standard untuk perlindungan diri seperti kebersihan, mulai dari cuci tangan, etika batuk dan bersin, serta pemakaian masker bagi yang sakit,” ujarnya.

Lingkungan dinilai menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dilakukan pembersihan. Tidak hanya cleaning, nantinya juga akan dilakukan disinfeksi lingkungan yang ada di teknik tersebut. Meskipun mahasiswa yang bersangkutan belum terbukti positif, akan tetapi tidak ada salahnya disinfeksi dilakukan sebagai bentuk pencegahan adanya virus.

“Disinfeksi ini adalah upaya pembersihan yang direkomendasikan untuk mematikan mikroorganisme dalam hal ini virus. Jadi disinfeksi menggunakan chlorine dengan komposisi 0,05 persen. Komposisi ini dinilai cukup efektif dipakai untuk pembersihan lingkungan seperti lantai, gedung, dsb,” jelas anggota Satgas Covid-19 UB itu.

Untuk teknis pelaksanaan disinfeksi secara umum menurut dokter spesialis penyakit dalam FK UB tersebut tergantung dari kebijakan Satgas Covid-19 masing-masing, tergantung kasus dan kebutuhannya. Jelasnya, paling tidak disinfeksi dilakukan satu kali.

“Untuk kasus UB ia menambahkan disinfeksi satu kali cukup karena melihat mahasiswa yang bersangkutan belum terbukti positif Covid-19,” terangnya.

Disinfeksi Gedung Teknik Industri dilaksanakan hari ini, Senin, 16 Maret 2020. Seluruh ruangan di gedung Teknik Industri disterilisasi mulai dari lantai 1 hingga lantai 7 termasuk diantaranya laboratorium dan peralatannya. Tak hanya disinfeksi gedung, di area Fakultas Teknik juga disediakan hand sanitizer dan X-Banner berisi informasi penting terkait Covid-19. (mic)