brawijaya covid platform

Dosen dan Alumni PWK (Perencanaan Wilayah dan Kota) Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya membangun platform informasi berbasis Sistem Informasi Geografis, Brawijaya Jatim Covid-19. Platform ini memberikan informasi seputar status Covid-19 di Jatim dan Malang Raya.

Paltform yang baru saja dibangun pada 21 Maret 2020 ini berfungsi sebagai mediator atau jembatan informasi yang tersampaikan secara parsial dari beberapa institusi.

Adapun tim yang membangun platform tersebut yaitu Adipandang Yudono, ST, MURP, Ph.D (Dosen PWK UB), Wahyu Eko Adi Saputro (alumni PWK UB 2006), Indika Aries Pratama (alumni PWK UB 2015), Bayu Seno Aji (alumni PWK UB 2015), Mh Nateq Nouri (mahasiswa PWK UB 2015), dan Dr. Abdul Wahid Hasyim sebagai Dewan Pengarah.

“Info yang disajikan dalam platform ini mengenai status Covid-19 di Jatim, informasi sebaran fasilitas kesehatan dan minimarket untuk Malang Raya (sedang tahap pengembangan), self assessment dari Pemprov Jatim, Pemkot Malang, serta lingkup UB untuk dosen, tenaga pendidik, dan mahasiswa, lalu info seputar tips kesehatan. Semua informasi ini berbasis lokasi, sehingga bisa dilakukan analisi keruangan,” jelas Adipandang.

Lanjutnya, platform ini diperuntukkan untuk warga Jawa Timur secara umum dan Malang Raya secara khusus. Data kondisi Covid-19 disajikan secara real time tiap hari setelah Diskominfo Jawa Timur mengeluarkan statement status Covid-19 di Jawa Timur.

“Harapannya, kami bisa memberikan informasi untuk Malang Raya dalam konteks sebaran fasilitas kesehatan dan minimarket dan informasi tersebut akan selalu diupdate,” pungkasnya.