Tiga Fakultas Tiga Medali Emas

Kolaborasi Ilham Ramadhan, mahasiswa Teknik Elektro 2017 dengan Shofi Ramadhani (FKG ’17), Yushidayah Nur S (FK ’17), Irfa Inuuriza (FKG ’18), dan Linda (FKG ’18) mengharumkan alma mater dengan meraih tiga Gold Medal di tiga konferensi Internasional.

Konferensi pertama yang diikuti adalah Indonesian International  Invention Festival (I3f) 2020, yang diselenggarakan Asosiasi Aksi Indonesia pada 16-19 September 2020.

Selanjutnya International Invention & Innovative Competition (InIIC) Series 2/2020, yang diselenggarakan Mediate Nexus and Nurture a Fast (MNNF) Network Malaysia, pada 30 Oktober 2020.

Konferensi ketiga yang diikuti adalah International Science And Invention Fair (ISIF), yang diselenggarakan Indonesian Young Scientists Association (IYSA), pada 6-9 November 2020.

Ketiganya dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Ajang-ajang tersebut diikuti oleh para profesor, doktor, dosen, dan para pakar dari berbagai penjuru dunia. Kelompok ini menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam kategori  mahasiswa sarjana.

Tim ini membawa karya berjudul ALADIN (Dental Toolbox Sterilizer Plasma And Solar Cell Integrated Towards Industrial Revolution 4.0) di bawah bimbingan Eka Maulana, ST., MT., M.Eng.

ALADIN merupakan sistem plasma yang diintegrasikan dengan solar cell yang dimanfaatkan sebagai sterilisasi alat kedokteran gigi.

Aladin memiliki banyak keunggulan diantaranya proses sterilisasi 10 kali  cepat dibanding autoclave, harga yang murah, proses sterilisasi yang lebih bersih, energi yang dibutuhkan sedikit, serta dapat dibawa kemana2 hingga daerah terpelosok.

“Kami buat ALADIN untuk meningkatkan kualitas alat sterilisasi di dunia kedokteran gigi yang saat ini dirasa kurang merambah daerah pelosok,” ujar Ilham.

Mewakili tim, ia berharap agar ALADIN dapat diproduksi masal dan diaplikasikan langsung di Indonesia demi meningkatkan kualitas pelayanan Kedokteran Gigi di Indonesia. (mic)