Jumlah suara yang masuk ditampilkan secara realtime melalui media zoom di depan para saksi dari masing-masing jurusan

Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) menggelar pemilihan Ketua Himpunan serentak pada hari ini, 25 Februari 2021.

Tak seperti pilkahim sebelumnya, tahun ini gelaran demokrasi ini dilaksanakan secara i-vote dengan bekerjasama dengan unit TIK UB.

“Aplikasi yang digunakan sama seperti yang dipakai pada waktu PEMIRA UB, kami modifikasi sedikit sesuai kebutuhan pilkahim FT,” ujar perwakilan unit TIK UB, Ratno Wahyu Widyanto, S.T.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTUB, Dr.Eng. Ir. Denny Widhiyanuriyawan, S.T., M.T., mengungkapkan, tahun ini pemira digelar dengan cara i-vote sehubungan dengan COVID19 yang masih merebak.

“Meski tak bisa bertemu secara langsung, kami ingin mewadahi aspirasi mahasiswa seefektif mungkin,” ungkapnya.

Himpunan mahasiswa jurusan juga telah melaksanakan persiapan selama satu bulan lebih. Mulai dari pemilihan calon hingga orasi para calon dilakukan secara daring dengan berbagai media.

“Kebanyakan memanfaatkan media sosial, terutama instagram official masing-masing,” terang Redi Bintarto selaku Staff Ahli WD III.

Pemilihan Kahim ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa aktif pada Semeser Genap 2020/2021. Para pemilih dapat menyalurkan aspirasinya melalui TPS online pada laman pemira.ub.ac.id yang dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00.

Selain Kahim, Jurusan Teknik Sipil, PW&K, dan Teknik Kimia juga menggunakan momen ini untuk memilih DPM.

Sesuai kesepakatan pada saat rapat koordinasi, link hasil pemungutan suara diberikan kepada masing-masing jurusan pada pukul 17.00.

Di depan para saksi/perwakilan dari himpunan link akan dibuka untuk dibuatkan berita acara dan akan diumumkan oleh masing-masing jurusan dalam waktu dekat.

Persentase tingkat partisipasi mahasiswa FTUB pada pesta demokrasi ini adalah sekitar 60% dari jumlah total DPT 4.900.

Dr.Eng. Denny sangat mengapresiasi proses pemilihan 8 kahim dan DPM di 3 jurusan secara i-vote tahun ini.

“Alhamdulillah sudah selesai, jika tahun lalu jumlah pemilih secara e-vote mencapai 2.440 suara, tahun ini meningkat menjadi 2.962 mahasiswa yang memberikan suaranya,” ujarnya.

Kelancaran acara ini, lanjutnya suatu kerjasama yang luar biasa antara BEM, 8 Himpunan Mahasiswa di FT, Tim PSIK, Tim TIK UB, dan tentunya tim Kemahasiswaan FTUB.

“Terima kasih atas kerja sama dan kerja kerasnya, jika ada kekurangan akan kita evaluasi utk pelaksanaan kedepan yang lebih baik. Tetap semangat mahasiswa Teknik! Siapapun yang terpilih nantinya semoga tetap punya semangat memajukan FT hingga kedepan FT semakin maju dan bereputasi. Hidup Teknik! 1..2..3 Teknik!” pungkasnya. (mic)