Pelaksanaan Ujian di Ruang Kapita Selekta FTUB

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang Pertama serentak dimulai pada hari ini, 12 April 2021. Setiap harinya hingga tanggal 18 April nanti UTBK digelar dua sesi.

Di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) sendiri menjadi tempat pelaksanaan ujian bidang saintek. Sesi pertama 06.45 – 10.30 WIB dan sesi kedua pada pukul 13.00 – 16.35 WIB.

Tahun ini FTUB menyediakan 65 komputer yang tersebar di empat titik; Lab Komputasi Sipil, Ruang Capita Selekta Jurusan PWK, serta Teknik Industri di Lab Simulasi dan Lab Komputer.

Kesiapan tiap-tiap ruang juga sudah ditilik oleh Rektor, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, M.S., beserta jajaran Dekan pada hari Sabtu, 10 April 2021.

“Jarak di ruang tunggu dan di ruangan sudah bagus. Tetap jaga protokol kesehatan dan pastikan jendela di tiap ruangan buka saat pelaksanaan nanti,” ujar Rektor.

Rektor Menilik Ruang Ujian di Fakultas Teknik
Rektor Menilik Ruang Ujian di Gedung Teknik Industri

Seperti arahan rektor, pelaksanaan UTBK di FTUB dilakukan dengan protokol kesehatan. Pengantar peserta tidak boleh menunggu di tempat tes, sebelum masuk peserta harus melalui pemeriksaan suhu, cuci tangan dengan sabum, dan menjaga jarak di ruang ujian.

UTBK sendiri merupakan tes masuk ke perguruan tinggi untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pelaksanaan Gelombang satu pada Senin, 12 April sampai Minggu, 18 April 2021 dan Gelombang dua pada Senin, 26 April sampai Minggu, 2 Mei 2021 dengan penambahan waktu hingga 3-4 Mei 2021.

Pengumuman Hasil SBMPTN nantinya akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2021. (mic)