icwrdep

Jurusan Teknik Pengairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya kembali mengadakan kegiatan seminar internasional dua tahunan, ICWRDEP, International Converence of Water Resources Development and Enviromental Protection pada tanggal 7 Agustus 2021.

Di gelaran keempatnya ini ICWRDEP  mengusung tema Water Resources and Development Protection (Pengelolaan  dan Perlindungan  Terhadap Sumberdaya Air).

Pada kondisi Pandemik ini kegiatan seminar yang biasanya dilaksanakan 2 hari, kali ini hanya diselenggarakan selama 1 hari, yaitu tanggal 7 Agustus 2021 mulai pukul 08.00 – 16.15 WIB secara online.

Kegiatan ini menghadirkan tiga keynote speaker, antara lain:

  1. Prof. Dr. Ir. Eko Winar Irianto, MT., Direktur Bina Teknik Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR
  2. Keisuke MurakamiProfessor of Coastal Engineering, River Engineering, Natural Disaster Management, Miyazaki University, Japan
  3. Dano J.A Roelvink, dari IHE Delft, TU Delft Professor of Coastal Engineering and Port Development Deltares, Senior Specialist, Netherland)

Pada Kegiatan seminar Internasional ICWRDEP 2021 ini mengangkat 6 topik yang merupakan isu terkini terkait masalah sumberdaya air antara lain

  1. River Engineering and Management
  2. Coastal Enginnering and Management
  3. Enviromental Engineering and Sanitation
  4. Water Resources Engineering and Management
  5. Water-related Disaster Risk Reduction
  6. Water-related to Civil, Architectural Engineering

Seminar ini diharapkan dapat memberikan wadah diskusi ilmiah bagi mahasiswa, masyarakat umum dan Penentu kebijakan sumberdaya air. Makalah yang dipresentasikan pun akan dipublikasikan ke Proseding IOP yang terindex Scopus

Mengingat semakin meningkatnya degradasi lahan dan menurunnya daya dukung linkungan saat ini, seminar ini juga diharapkan dapat menghadirkan perkembangan teknologi dan metode terbaru dalam upaya pengelolaan Sumberdaya Air dan Teknik Lingkungan.

Kegiatan ICWRDEP 2021 merupakan kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Pada tahun 2021 ini, kegiatan ICWRDEP diketuai oleh Dr. Eng Ir. Riyanto Haribowo, ST, MT, IPM.

Seminar Internasional ini merupakan wadah bagi akademisi (Peneliti, dosen, mahasiswa), praktisi (consultant dan kontraktor), serta stake holder (pemangku kepentingan, Pemda, pemerintah pusat, BUMN, dll),  untuk sharing knowledge terkait temuan terbaru baik pengetahuan maupun teknologi untuk perencanaan, pengelolaan, dan strategi sumber daya air baru menuju keberlanjutan kualitas lingkungan dan kondisi kehidupan kita.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat sumber daya air untuk berpikir global sambil bertindak secara local, dan memperluas upaya lokal untuk mencapai kesuksesan secara global.

“Dari sharing pengalaman ini diharapkan pengelolaan  sumber daya air dan lingkungan bisa berkelanjutan dan dapat dicapai dengan baik,” tutup Riyanto. (humasft)