20220616_105611

Bagian Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) mengadakan Pelatihan Kader Teknik (PKT) 2022 pada tanggal 15-17 Juni 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengoptimalan  pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skill mahasiswa yang berlandaskan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SiIMKATMAWA).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Dr.Eng. Ir. Herry Santosa, S.T., M.T., IPM., menjelaskan tujuan PKT ini adalah untuk  mahasiswa yang  memiliki   keterampilan   softskill   dan hardskill   mengenai   manajerial   kegiatan,   memiliki   adaptasi   untuk   kembali berkegiatan  offline  dan  rasa saling  percaya  diri  dalam  kegiatan  intra  maupun ekstra  angkatan.

“Kegiatan  ini  adalah bagian dari pembangunan karakter mahasiswa yang  fokus  pada  penguatan  pendidikan  karakter dalam mewujudkan kebiasaan-kebiasaan berperilaku baik dalam keseharian yang meliputi  watak terpuji,  akhlak mulia, sikap mental  dan budi pekerti  yang luhur,” terangnya.

Kegiatan dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Delapan puluh mahasiswa angkatan 2021 menerima materi pada kegiatan indoor pada tanggal 13-14 Juni 2022 di Gedung Teknik Mesin.

Penyampaian Materi diberikan oleh Ir.  Eko Andi Suryo, ST., MT.,  Ph.D., dan Dr.ES. Widha Kusumaningdyah, ST., MT. Usai menerima materi mereka diberikan penugasan berupa pembuatan proposal dengan 5 tema kegiatan mahasiswa di luar kampus yang menunjang IKU FTUB.

Lima tema tersebut antara lain; Proyek di Desa, Penelitian, Mahasiswa Wirausaha, Proyek Kemanusiaan, dan Mahasiswa Mengajar di Sekolah

Untuk kegiatan outdoor dilaksanakan pada tanggal 15-17 Juni 2022 di Coban Rondo Campground. Sepuluh delegasi dari delapan departemen ini  diberangkatkan pada tanggal 15 Juni 2022 oleh segenap pimpinan Fakultas dan Departemen oleh Dekan FTUB, Prof Ir Hadi Suyono ST MT PhD IPU ASEANEng.

Kegiatan ini dilakukan dalam atmosfer positif dan membangun, menerapkan Protokol  Kesehatan, dan bebas dari tindakan kekerasan fisik maupun verbal, perundungan & kekerasan  seksual,  serta bebas dari kegiatan radikalisme.

“Semoga kegiatan PKT 2022 ini benar-benar menjadi wadah Pelatihan Kader Teknik yang mampu membangun karakter mahasiswa dalam mewujudkan kebiasaan-kebiasaan berperilaku baik dalam keseharian yang memiliki watak terpuji, akhlak mulia, sikap mental dan budi pekerti yang luhur,” pungkas Dekan saat memberangkatkan rombongan.