DSC03317

Kamis (7/12/2023) Guru Besar atau Profesor di Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya (FT UB) bertambah Kembali, 3 (tiga) dosen secara resmi telah di kukuhkan sebagai Guru Besar. Total saat ini tercatat sejumlah 25 Guru Besar/Profesor aktif di Fakultas Teknik UB. Tiga Guru Besar tersebut, yaitu Prof. Dr. Eng. Donny Harisuseno, S.T., M.T (1); Prof. Dr. Ir. Femiana Gapsari, S.T., M.T (2); dan Prof. Dr. Slamet Wahyudi, S.T., M.T (3).

Bertempat di Gedung Samantha Krida, UB total telah mengukuhkan 354 Profesor, dengan total yang aktif sebanyak 195. Untuk Prof. Donny tercatat sebagai Profesor aktif ke 23 di Fakultas Teknik serta ke 193 di UB. Kemudian Prof. Femiana tercatat sebagai Profesor aktif ke 24 di Fakultas Teknik dan 194 di UB. Terakhir, Prof. Slamet Wahyudi yang tercatat sebagai Profesor aktif ke 25 di Fakultas Teknik dan 195 di UB.

Adapun orasi ilmiah yang disampaiakan oleh Prof. Donny yaitu System Hybrid-G2I (Green-Gray Infrastructure): Sebuah Pengelolaan Limpasan Air Hujan Berbasis Konservasi Air. Kedua, Prof. Femiana menyampaikan Teknologi Nano Komposit dari Limbah Organik (TKO) sebagai Inhibator Korosi Logam. Ketiga Prof. Slamet Wahyudi menyampaikan Teknologi Microwave Ablation (TMA) sebagai Pembangkit Biopanas Terhadap Pembunuhan Sel Kanker.

Selanjutnya sambutan disampaikan Ketua Senat Universitas Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR. Beliau menyampaikan bahwa, Pengukuhan Guru Besar hari ini merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi Seluruh Sivitas Akademika UB karena telah mengukuhkan Guru Besar secara bersama-sama.

“Selamat! khususnya kepada Fakultas Teknik yang pada hari ini mendapatkan 3 profesor baru secara langsung. Orasi ilmiah yang dibawakan seluruh profesor berkaitan dengan teknologi, hal ini menandakan bahwa penelitian di masa depat sangat erat hubungan dan keterk aitannya dengan pembaharuan teknologi di masing-masing bidang dan departemen pada Fakultas Teknik”, terang Prof. Nuhfil.

Sementara itu, Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc dalam kesempatannya menyampaikan selamat kepada 4 profesor yang telah dikukuhkan, dimana keempat professor ini memiliki penelitian dengan indeks yang tinggi. Beliau berharap kepada professor yang telah dikukuhkan dapat menjadi trendcenter perkembangan teknologi tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, serta bagaimana para peneliti di Indonesia dapat memajukan budaya di Indonesia agar dikenal di dunia.[drn]